Tiga Keistimewaan Puasa Senin dan Kamis yang Perlu Kamu Tahu

Tiga Keistimewaan Puasa Senin dan Kamis yang Perlu Kamu Tahu
Ilustras puasa. (bersamaislam.com)

Puasa Senin dan Kamis merupakan amalan yang dianjurkan. Memangnya apa saja istimewaan di baliknya?

Inibaru.id – Puasa Senin Kamis bukanlah hal yang asing bagi muslim. Tahu nggak Millens mengapa puasa sunah ini sangat dianjurkan? Apa sih keistimewaannya?

1. Pada Hari Senin dan Kamis Dosa-Dosa Diampuni

Ilustrasi dosa-dosa diampuni. (Macobserver.com)

Siapa sih muslim yang nggak bahagia ketika dosanya diampuni. Melansir dari dalamislam.com (13/11/2015), pada Senin dan Kamis pintu-pintu surga dibuka. sehingga seluruh dosa-dosa akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Eits, ada pengecualian nih yaitu mereka yang sedang bermusuhan. Jadi, segera deh bermaaf-maafan. 

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai. (HR. Muslim)

2. Amalan-Amalan Manusia akan Diangkat dan Diperiksa pada Senin dan Kamis

 

Ilustrasi pemeriksaan amal. (Kaodim.com)

Keistimewaan selanjutnya adalah amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah pada kedua hari ini. Sebagaimana yang terdapat dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah ra dari Rasulullah saw.

Perlu kamu tahu, Nabi Muhammad SAW juga menyukai puasa Senin dan Kamis sebagaimana yang disampaikan dalam sabdanya,

Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”(HR. At Tirmidzi dan lainnya) 

3. Hari Senin Merupakan Hari Kelahiran Rasulullah saw

 

Ilustrasi. (Ummiummi.com)

Selain itu, sejarah mencatat bahwa Nabi Muhammad saw dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah atau bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi. Jadi, berpuasa pada hari Senin dapat menjadi tanda kecintaan umat pada Rasul.

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Nah, sekarang kamu tahu kan apa saja keistimewaan puasa Senin dan Kamis. Yuk ah diamalkan. (IB12/E05)