Kala Islam Indonesia Dilirik Dunia

Kekerasan berkedok dakwah semakin banyak, islam di Indonesia mulai dilirik dunia

Kala Islam Indonesia Dilirik Dunia
Signage (Foto : en.wikipedia.org)

inibaru.id - Sejauh ini, aksi kekerasan berkedok dakwah dan jihad memang kerap dijadikan senjata bagi sejumlah kelompok yang tak suka terhadap Islam. Pun sebaliknya, kekerasan dijadikan alasan demi melawan tindakan diskriminatif yang diterima umat muslim pada beberapa kasus dan tempat.

Indonesia kian menarik perhatian dan dianggap layak dijadikan model oleh tak sedikit negara di belahan Asia Tenggara. Terutama, tentang bagaimana prinsip kebangsaan dan keislaman bisa seiring sejalan, bahkan saling menopang.

Jika mau ditilik lebih jauh, seperti pada data yang terungkap pada 2010, jumlah muslim Indonesia mencapai 87,18 persen dari total penduduk yang ada. Dari data tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa Islam memang menjadi mayoritas. Namun kendati demikian ia tak memaksakan kehadirannya sebagai sesuatu yang melembaga dalam aturan formal bernegara.

Tak berhenti di situ, yang membuat Indonesia dilirik negara lain adalah lantaran Islam Indonesia masyhur dengan kemoderatannya. Hal tersebut tentu sangat jarang ditemukan di negara-negara lain, sekalipun di Timur Tengah. (HA)