Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Hadirkan Masjid Bergerak

Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Hadirkan Masjid Bergerak
Masjid "bergerak". (Mobile Mosque Executive Committee via AP).

Sebagai wujud negara ramah muslim, Jepang hadirkan masjid "bergerak". Wah, seperti apa ya masjid ini?

Inibaru.id – Menjelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang terus menambah fasilitas-fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Salah satunya dengan inovasi masjid “bergerak”. Yap, masjid itu terbuat dari truk kontainer yang sudah dimodifikasi.

Sesuai dengan namanya, masjid itu akan bergerak dari satu tempat ke tempat lain selama Olimpiade Tokyo berlangsung. Hal itu tentu akan memudahkan pengunjung yang beragama Islam agar nggak kebingungan mencari tempat saat waktu salat tiba.

Dengan desain modern, masjid “bergerak” sudah dilengkapi fasilitas laiknya masjid pada umumnya seperti tempat wudu dan pendingin udara. Jadi pengunjung kan lebih nyaman beribadah kan?

Desain masjid "bergerak". (Mobile Mosque Executive Committee via AP)

Oya, masjid “bergerak” dapat menampung lebih kurang 50 jamaah. Yap, saat difungsikan kontainer itu dapat melebar sehingga membuat ruang di dalamnya lebih luas.

Negara Ramah Muslim

Satu unit masjid “bergerak” dibuat dengan biaya sekitar 100 juta yen atau setara Rp 13 miliar lo.

Masjid itu sudah diresmikan pada (23/7/2018) di Kota Toyota, Prefecture Aichi. Tepatnya pada pertandingan sepak bola J-League di Toyota Stadium seperti ditulis otomotif.kompas.com (26/7/2018).

Adanya masjid “bergerak” juga menjadi simbol bahwa Jepang merupakan negara terbuka dan ramah pada umat muslim yang datang. Selain mempermudah umat muslim untuk beribadah, masjid ini juga diharapkan bisa membuat turis muslim yang berkunjung ke Jepang merasa berada di rumah sendiri.

Nah, jadi nggak perlu bingung lagi kalau datang ke Jepang ya, Millens. Terutama saat Olimpiade Tokyo mendatang. Asyik menonton olimpiade, salat pun nggak ketinggalan deh. (IB10/E05)