Jejak Sembilan Wali di Masjid Prawoto Pati

Ada satu masjid di Kabupaten Pati yang dipercaya menjadi tempat berkumpul dan musyawarah para wali sebelum berdirinya Masjid Agung Demak nih.

Jejak Sembilan Wali di Masjid Prawoto Pati
Masjid Prawoto. (murianews.com)

Inibaru.id – Jejak penyebaran Islam oleh Wali Songo banyak tersebar di Pulau Jawa. Salah satunya berada di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

Namanya Masjid Prawoto, Millens. Masjid itu dipercaya merupakan peninggalan salah seorang murid Sunan Kudus yakni Raden Bagus Mukmin atau lebih dikenal dengan Sunan Prawoto.

Sebagai salah satu situs peninggalan peralihan masa Hindu ke Islam, masjid itu sarat nilai historis lo. Dari segi arsitektur, tampak kesan kalau Masjid Prawoto merupakan peninggalan zaman kewalian.

Meski sudah mengalami beberapa kali renovasi, tapi beberapa bagian masjid masih dipertahankan bentuk aslinya. Beberapa bagian itu adalah atap, pintu, dan jendela masjid. Semuanya terbuat dari kayu jati yang masih kokoh hingga sekarang.

Arsitektur di dalam Masjid Prawoto. (krjogja.com)

Oya, Masjid Prawoto juga terlihat teduh karena di halamannya tumbuh belasan pohon rindang. Pepohonan itu dipercaya sudah berusia ratusan tahun lo.

Rubinto, salah seorang pengurus Masjid Prawoto mengatakan bahwa Masjid Prawoto merupakan tempat penyebaran Islam pertama kali di wilayah Pati selatan. Di antaranya Kecamatan Sukolilo dan Kayen.

“Sebelum berdiri Kerajaan Demak, Masjid Prawoto ini menjadi tempat berkumpul dan bermusyawarah bagi para wali,” kata Rubinto seperti ditulis krjogja.com (24/5/18).

Hm, pantas saja masyarakat juga meyakini kalau usia Masjid Prawoto lebih tua dari Masjid Agung Demak.

Saat ini Masjid Prawoto masih ramai dikunjungi oleh umat Islam. Selain pengin menunaikan salat di sana, pengunjung juga banyak yang berziarah ke makam Sunan Prawoto yang berada nggak jauh dari lokasi masjid.

Kalau Sobat Millens berminat datang ke sana, jangan lupa ajak teman dan keluarga ya! Selain mendekatkan diri pada Tuhan, kamu juga bisa napak tilas perjuangan para wali di sana. Paket komplet kan? (IB10/E05)