Jangan Khawatir, Daging Kurban Bisa Disimpan Hingga Satu Tahun

Jangan Khawatir, Daging Kurban Bisa Disimpan Hingga Satu Tahun
Mempersiapkan daging kurban untuk dibagikan. (antarafoto,com)

Menjelang Iduladha, siap-siap bakar satai dan masak gulai nih. Hm, tapi bagaimana kalau kelebihan daging kurban pengin disimpan saja?

Inibaru.id – Saat Iduladha tiba, salah satu hal yang paling ditunggu adalah pembagian daging hewan kurban. Selain dibagikan pada fakir miskin dan kaum duafa, daging hewan kurban juga bisa dikonsumsi sendiri bersama keluarga.

Eits, nggak hanya bisa diolah saat itu juga. Daging kurban juga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Daya simpannya bahkan bisa mencapai sekitar satu tahun lo. Hm, bagaimana ya caranya?

Melansir republika.co.id (2/8/2018), sebelum disimpan jangan cuci daging kurban, Millens. Daging yang dicuci dengan air leding lebih mungkin terkontaminasi dengan kuman.

Kuman yang tinggal di dalam pori-pori daging bisa merusak kualitas daging lo. Nah, sebaiknya cuci daging kurban saat akan dimasak saja.

Daging dalam keadaan segar. (shutterstock.com)

Kalau Sobat Millens pengin menyimpan daging kurban, simpanlah di dalam freezer. Namun sebelum itu, simpan dulu daging ke dalam lemari pendingin selama sekitar 24 jam agar suhunya merata.

Eits, jangan simpan daging dalam keadaan utuh ya. Lebih baik potong daging menjadi ukuran-ukuran kecil. Setelah itu masukkan ke dalam kantong-kantong. Setelah itu baru deh simpan daging  ke dalam freezer.

Kalau pengin dimasak, ambil daging per kantong sementara lainnya dibiarkan tetap dalam freezer. Daging dalam keadaan beku bisa disimpan hingga sekitar satu tahun.

Oya, cara melunakkan daging beku juga nggak sembarangan. Dibanding melunakkannya dengan air panas, kualitas daging akan lebih bagus jika dilunakkan dengan cara menaruh daging di bawah guyuran air leding bersuhu normal. Lunakkan dalam keadaan masih terbungkus kantong ya.

Setelah daging menjadi lunak, buka kantong dan cuci bersih daging. Daging kurban pun siap dimasak.

Bagaimana, Millens? Sudah nggak khawatir untuk mengolah daging kurban kan? Eits, jangan konsumsi daging berlebihan ya! Tetap makan seimbang agar tetap sehat setelah lebaran. (IB10/E05)