Ini Waktu-waktu yang Mustajab untuk Berdoa
Sujud. (Sifahane.org)

Ini Waktu-waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Kapan saja waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa? Simak ulasan berikut ini.

Inibaru.id – Kecintaan Allah yang Maha Pemurah terhadap hambanya sangat luar biasa. Kamu bisa meminta apa pun pada Allah, bahkan termasuk pengampunannya. Allah pun akan mendengarkan dan mengabulkan doa hambanya. Eits, tapi, dari sekian banyak waktu yang bisa kamu pilih untuk berdoa, ada waktu-waktu paling mustajab, lo. Yuk, simak ulasan yang dilansir dari Muslim.or.id berikut ini:

Ketika Azan Berkumandang

Azan. (Makobar.com)

Waktu azan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Yap, selain menjawab azan dengan lafal yang sama, kamu bisa berdoa, nih, Millens.

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud)

Di Antara Azan dan Ikamah

Speaker masjid. (dailyfocus.ng)

Perlu kamu tahu, ibadah yang dianjurkan di antara azan dan ikamah adalah berdoa. Kamu bisa memohon pada Allah apa saja yang kamu inginkan.

“Doa di antara azan dan ikamah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi, 212)

Ketika Sujud

Sujud. (Sifahane.org)

Sujud dianggap sebagai waktu ketika seorang hamba berada paling dekat dengan Allah. Karena itu, sujud dalam salat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim, no.482)

Ketika Turun Hujan

Hujan. (Videoblocks.com)

Kamu termasuk orang yang suka saat hujan turun atau sebaliknya? Tahu nggak kalau saat turun hujan merupakan waktu yang juga tepat untuk memanjatkan doa. Jadi, jangan menggerutu saat hujan turun, ya! Lebih baik, kamu memanjatkan permohonan pada Allah.

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (HR Al Hakim)

Sepertiga Malam Terakhir

Malam. (Hiveminer.com)

Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang istimewa. Allah mencintai hamba-Nya yang beribadah pada waktu tersebut, lo. Karena itu, Allah pun menjanjikan akan mengabulkan doa pada waktu tersebut.

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

Nah, jangan sia-siakan waktu, ya. Yuk, berdoa! (IB08/E05)