Ini Keutamaan Salat Subuh

Merasa susah bangun untuk melaksanakan salat subuh? Coba simak keutamaan salat subuh berikut ini. Kamu bakal nggak rela lagi bermalas-malasan!

Ini Keutamaan Salat Subuh
Ibadah salat. (prayerinislam.com)

Inibaru.id – Di antara ibadah salat wajib 5 waktu, salat subuh kerap sulit untuk ditunaikan karena godaan kantuk dan kenikmatan tidur. Bangun pun jadi ogah-ogahan, deh. Jumlah jemaah yang beribadah di masjid saat subuh pun nggak sebanyak waktu lain, apalagi magrib. Waduh!

Padahal, salat subuh memiliki banyak keutamaan, lo. Apa saja, ya?

Ibadah seperti Salat Semalam Penuh

 

Masjid. (Youtube.com)

Sst, orang yang beribadah salat subuh akan mendapat pahala berlimpah, lo. Bahkan, salat subuh berjemaah dianggap setara dengan salat semalam penuh.

“Barangsiapa yang salat isya berjemaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat subuh berjemaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Janji Masuk Surga dan Penghalang Masuk Neraka

 

Waktu fajar di Masjidil Haram. (Tripadvisor.com)

Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan bahwa orang yang beribadah salat subuh nggak akan masuk neraka. Selain itu, berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda sebagai berikut:

“Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Berada pada Jaminan Allah

Salat berjamaah. (Youtube.com)

Orang yang melaksanakan salat subuh akan berada dalam jaminan Allah, seperti ditulis Muslim.or.id.

“Barangsiapa yang salat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

Disaksikan Malaikat

Beribadah di masjid. (Prayforqatar.com)

Salat subuh selalu disaksikan banyak malaikat. Para malaikat pun menghormati orang yang melaksanakan salat subuh.

 “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

Yap, itulah keutamaan salat subuh. Gimana? Masih mau bermalasan-malasan lagi? He-he. (IB08/E05)