Hal yang Sebaiknya Dijauhi pada Bulan Muharam

Hal yang Sebaiknya Dijauhi pada Bulan Muharam
Ilustrasi bersilaturahmi. (Style-aquila.com)

Agar maksimal mengumpulkan pahala saat bulan Muharam, perhatikan hal-hal ini ya!

Inibaru.id – Umat muslim baru saja merayakan tahun baru Islam 1 Muharam 1440 yang jatuh pada Selasa (11/9/2018). Karena itu, bulan yang menjadi penanda tahun baru ini jadi sangat istimewa bagi umat muslim.

Bulan ini juga jadi bulan penuh pahala karena termasuk bulan haram yang dimuliakan oleh Allah selain bulan Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab. Ini jadi kesempatan untuk Sobat Millens memburu pahala melalui amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan ini.

Tanamkan tali persaudaraan (umroh.travel) 

Ada banyak amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan ini. Menurut Tribunnews.com (11/9/2018), setidaknya ada 10 amalan paling utama di bulan Muharam. Mulai dari mengerjakan salat, berpuasa, memakai celak mata, berziarah, bersedekah, bersilaturahmi, menjenguk orang sakit, memong kuku, mengusap kepala anak yatim, dan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.

Tapi, di antara anjuran-anjuran tersebut, ada juga lo hal-hal yang sebaiknya dijauhi saat berada di bulan Muharam. Menurut Ro’is Suriah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (WCNU) Solo, Agus Himawan, bulan Muharam adalah bulan yang nggak boleh berperang.

Yap, karena bulan ini adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah maka nggak boleh ada peperangan saat bulan tersebut. Bulan Muharam sebaiknya digunakan untuk melakukan banyak kebaikan melalui mempererat tali silaturahmi agar tercipta hubungan persaudaraan yang damai, Millens.

Eit, tapi ada juga lo perang yang  boleh dilakukan oleh umat muslim saat bulan Muharam. Menurut Agus Himawan, perang tersebut adalah perang melawan hawa nafsu.

“Kita berperang terhadap nafsu, ego, dan nafsu kebinatangan kita harus bisa lebih dikendalikan,” jelasnya.

Pengendalian diri jadi kunci utamanya. Jangan sampai nafsu dan ego mendominasi pikiran dan sikap.

Saling memaafkan. (times.banyuwangi.com)

“Kita adalah manusia, sisi kemanusiaannya harus muncul dan harus bisa memanusiakan manusia siapa pun orangnya, apapun agamanya,” tandasnya.

Gimana Millens? Sudah siap kan mengamalkan hal-hal yang boleh dan menjauhi hal-hal yang dilarang di bulan ini? (IB06/E05)