Enam Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Iduladha

Enam Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Iduladha
Umat muslim bersalaman usai salat id. (pikiran-rakyat.com)

Hari Raya Iduladha sebentar lagi tiba. Yuk, simak amalan yang bisa kamu lakukan saat Iduladha!

Inibaru.id – Iduladha tinggal menghitung hari. Nggak cuma senang-senang bakar sate ya. Ada beberapa amalan yang bisa bikin hari rayamu lebih afdol. Apa saja ya? Yuk, simak!

  1. Mengumandangkan Takbir

Bertakbir di masjid sepanjang malam Iduladha. (tarbiyah.net)

Satu hari sebelum Iduladha tiba, umat muslim disunahkan untuk mengumandangkan takbir baik di masjid atau di rumah sendiri. Takbir dikumandangkan mulai dari terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk berkhotbah pada Hari Raya Iduladha. Mengumandangkan takbir adalah cara umat muslim untuk memujin keagungan Allah SWT, lo.

  1. Mandi Sebelum Berangkat Salat Id

Mandi membuatmu terlihat lebih segar. (hijab.dream.co.id)

Eits, mandi sebelum berangkat salat id merupakan salah satu amalan sunah lo. Selain untuk membersihkan badan dari kotoran dan bau yang nggak enak, mandi sebelum berangkat salat id tentu akan membuat badan lebih segar.

Hm, masa pengin bertamu ke rumah Allah dalam keadaan kotor dan bau sih?

  1. Memotong Kuku, Rambut, dan Memakai Wangi-wangian

Memakai wewangian termasuk salah satu amalan saat Iduladha. (bp-guide.id)

Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan saat Iduladha adalah memotong kuku dan rambut. Selain agar kelihatan lebih bersih dan rapi, kamu juga kelihatan lebih segar dalam menyambut hari raya kan?

Nggak hanya itu, membubuhkan wewangian untuk meminimalisir bau nggak sedap juga termasuk amalan lo.

  1. Memakai Pakaian Terbaik

Memakai pakaian terbaik saat hari raya. (2.bp.blogspot.com)

Biasanya hari raya identik dengan pakaian berwarna putih ya, Millens. Yap, saat hari raya tiba umat muslim seakan kembali lagi menjadi suci yang ditandai dengan pakaian putih tuh.

Nu.or.id (14/10/2013) menulis, memakai pakaian terbaik dan berwarna putih dikhususkan untuk muslim lelaki saja. Sedangkan untuk muslim perempuan cukup memakai pakaian sederhana yang biasa dikenakan sehari-hari.

Bagi perempuan hukumnya makruh ya kalau berdandan dan berpakaian secara berlebihan.

  1. Jalan Kaki Menuju Masjid

Jalan kaki ke masjid lebih utama. (mukzizatislam.blogspot.com)

Amalan selanjutnya adalah berjalan kaki menuju masjid untuk salat id. Dengan berjalan kaki, kita bisa saling bertegur sapa dengan sesama muslim sembari menuju masjid kan?

Eits, usahakan berangkat lebih awal ya agar dapat barisan terdepan. Selain itu kita jadi punya waktu untuk bertafakur sambil menunggu waktu salat tiba.

  1. Makan Setelah Salat Id

Makan bersama saat hari raya. (Withinnigeria)

Berbeda dengan sunah saat Idulfitri yakni makan sebelum berangkat salat id. Pada Iduladha disunahkan untuk makan setelah pelaksanaan salat id ya. Jadi kamu perlu berpuasa sebentar deh.

Nah, itu tadi enam amalan sunah yang bisa kamu lakukan saat Iduladha tiba. So, selamat bersiap-siap menyambut Hari Raya Iduladha ya! (IB10/E05)