Calon Haji Tertua Indonesia Jadi Tajuk Berita Sejumlah Media di Arab

Jemaah calon haji (calhaj) tertua asal Lombok, NTB menjadi perhatian warga Arab Saudi usai diberitakan sejumlah media lokal di sana

Calon Haji Tertua Indonesia Jadi Tajuk Berita Sejumlah Media di Arab
Sejumlah media Arab yang memberitakan Nenek Baiq, jemaah haji tertua dari Indonesia. (Foto: Screen Grab)

Inibaru.id - Berusia 104 tahun ketika menginjakkan kaki di Jeddah, nenek bernama Baiq Mariah (sebagian menyebutnya Bay Meriah) ini konon juga menjadi jemaah tertua dari seluruh dunia.

Dilansir dari Liputan6, beberapa media lokal sempat memberitakan kabar kedatangan nenek paruh baya tersebut yang berangkat menggunakan kursi roda untuk menopang tubuhnya yang sudah sangat renta.

Al Arabiya pada Senin (28/8/2017) menuliskan kedatangan Baiq Mariah setibanya ia di Jeddah pada 26 Agustus malam waktu setempat. Media kenamaan Saudi itu mengulas tuntas kedatangan nenek tersebut dalam artikel bertajuk “104-year-old Indonesian pilgrim arrives in Saudi Arabia for Hajj”.

Baca juga: Berusia 104 Tahun, Peserta Haji Ini Jadi Calhaj Paling Tua

Sebelumnya diberitakan, nenek bersahaja ini menempuh perjalanan udara sekitar 12 jam hingga mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah pada Sabtu (26/8). Kendati duduk di atas kursi roda, jemaah ini tampak sehat.

Selain disambut Konjen RI Jeddah beserta pejabat terkait, Nenek Baiq juga ternyata telah dinanti beberapa media Saudi. Ia bahkan menjadi selebritis dadakan saat mendadak menjadi pusat perhatian media lokal di sana.

Arab News juga sempat memberitakan kehadiran sang nenek dalam tulisan berjudul “Oldest Hajj Pilgrim, 104, Arrives from Indonesia”.

"Dia adalah yang tertua di antara 221.000 jemaah haji dari Indonesia tahun ini," tulis media tersebut.

Kemudian, dalam sebuah artikel singkat, Gulf News juga mengulas kehadiran Baiq dalam tulisan berjudul “104-Year-Old Oldest Indonesian Pilgrim This Year”.

Sementara, Times of Oman mengunggah berita "104-Year-Old Indonesian Woman Arrives in Jeddah to Perform Hajj” di media daringnya. Mereka menggambarkan betapa besarnya sambutan sang nenek saat tiba di Saudi.

"Arab Saudi dengan hangat menyambut Ibu Mariah. Haji merupakan sorotan rohani dalam kehidupan setiap Muslim. Pada usia 104 tahun, sungguh luar biasa bagi Ibu Mariah berada di sini. Kami berharap dia baik-baik saja," tulis Times of Oman mengutip juru bicara Center for International Communication.

Baca juga: 
Calon Haji Termuda Asal Sumatera Ini Sisihkan Uang Sejak SMP Demi Bisa Naik Haji
Tukang Becak 76 Tahun Naik Haji, Ia Mengaku Menabung Selama 20 Tahun

Rombongan jemaah haji asal Indonesia juga pernah mendapat sorotan media lokal Saudi ketika mereka melantunkan salawat saat tiba di Jeddah. Rekaman video yang diunggah ke media sosial pun sempat menjadi viral.

Seperti diberitakan Al Arabiya, Kamis (24/8), para jemaah digambarkan mengekspresikan kegembiraannya karena telah tiba di Jeddah untuk melaksanakan ibadah haji.

Dalam video itu, terlihat para jemaah haji Indonesia yang mengenakan pakaian untuk ibadah haji tengah berbaris rapi sambil antre di imigrasi. Lantunan salawat kemudian terdengar menggema di bandara tersebut.

Menurut informasi yang beredar, kejadian itu bertempat di pintu Imigrasi Terminal Haji King Abdul Aziz Jeddah pada Senin (21/8). (OS/IB)