Berziarah ke Makam Tokoh-tokoh Penting di Jepara
Beberapa orang sedang berziarah di komplek pemakaman Sunan Mantingan. (mustafit.blogspot.com)

Berziarah ke Makam Tokoh-tokoh Penting di Jepara

Mau ziarah ke Jepara? Makam tokoh-tokoh Jepara berikut ini bisa kamu sambangi.

Inibaru.id – Kabupaten Jepara memang tersohor lantaran wisata pantai yang menawan. Tapi tahu nggak sih kalau kamu pun bisa berziarah di makam orang-orang berpengaruh di Jepara? Ada banyak banget pilihan destinasi wisata ziarah di seluruh wilayah Jepara. Berikut beberapa tempat ziarah yang bisa kamu kunjungi di Bumi Kartini ini.

Makam Sultan Hadlirin (Sunan Hadlirin) dan Ratu Kalinyamat

Gapura masuk ke makam Sunan Hadlirin. (imadan.com)

Kamu yang suka belajar sejarah pasti pernah mendengar sosok Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat istrinya. Nah, kamu bisa menziarahi makam mereka di belakang Masjid Astana Sultan Hadlirin. Alamatnya di Jalan Mantingan, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa tengah, Millens.

Area di dalam kompleks masjid dan makam ini terawat dengan baik. Ada jalan penghubung antara masjid dan makan sehingga pengunjung bisa dengan leluasa berpindah tempat. Di luar tembok kompleks pemakaman ini ada kompleks pemakaman umum.

Citrosomo (Makam Para Adipati/Bupati yang pernah memimpin Jepara dan keluarga besar R.A. Kartini)

Makam RA. Kartini (blog.reservasi.com)

Makam Citrosomo merupakam makam kuno para Adipati/Bupati yang pernah memimpin kota ukir Jepara. Di dalam kompleks makam juga terdapat makam lain seperti keluarga besar dari R.A Kartini dan makam Habib Muhammad bin Abdurrahman Assegaf. Lokasi makam ini berada di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamat, Kabupaten Jepara, tepatnya di belakang Masjid Sendang.

Makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy

Lingkungan makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba'alawy di Pulau Panjang. (raddien.com)

Puas main-main di Pantai Bandengan atau Kartini? Cus lanjut ke Pulau Panjang. Dari pelabuhan Pantai Kartini atau Bandengan, kamu hanya memerlukan 15 menit untuk sampai ke Pulau Panjang dengan perahu.

Di Pulau ini, ada makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy tepatnya di jalan Ujungbatu I, Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dia adalah orang pertama yang menemukan pulau ini. Eh, masih satu keturunan dengan Nabi Muhammad, lo. 

Makam Syekh Amir Hasan (Sunan Nyamplungan)

Makam Sunan Nyamplungan, Karimunjawa. (anakbangsa.news)

Bagi warga Kepulauan Karimunjawa, nama Syekh Amir Hasan juga dikenal sebagai Sunan Nyamplungan yang merupakan penyebar agama Islam di pulau tersebut. Selain itu, Syekh Amir juga dikenal sebagai orang yang berhasil mempersatukan enam suku di Pulau Karimunjawa hingga hidup rukun damai sejahtera.

Makamnya terletak di Pulau Karimunjawa dengan suasana yang asri dan alami karena dikelilingi oleh hutan. Kawasan makam juga terlihat terawat, bersih, dan nyaman. Untuk menuju ke makam Sunan Nyamplungan, peziarah harus berjalan ke atas menyusuri puluhan anak tangga.

Gimana? Nggak cuma bisa wisata pantai kalau plesiran ke Jepara kan? (IB07/E05)