Menikmati Syahdu Ibadah di Taj Mahal-nya Indonesia
Seorang perempuan berada di depan Masjid Salman Al Farizi Malang. (phinemo.com)

Menikmati Syahdu Ibadah di Taj Mahal-nya Indonesia

Masjid yang berarsitektur mirip Taj Mahal ini berada di Kabupaten Malang. Karena keindahannya para pengunjung banyak yang berswafoto di Masjid Salman Al Farizi ini.

Inibaru.id – Sekilas, bangunan Masjid Salman Al Farizi ini begitu mirip dengan istana Taj Mahal di India. Terletak di tengah areal ladang warga di Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, masjid ini memang didominasi warna putih. Karena itu, masyarakat sekitar juga ada yang menyebut masjid ini dengan nama Masjid Putih. Selain untuk beribadah, warga maupun wisatawan bisa menikmati pemandangan yang meneduhkan pikiran karena hamparan ladang yang luas. Mau berswafoto juga? Boleh-boleh saja kok.

Masjid Salman Al Farizi ini dibangun oleh Yayasan Assunah Husul Khotimah pada tahun 2012 lalu, di atas lahan yang masih kosong seluas 1,8 hektare. Kemudian di pertengahan tahun 2017, masjid ini selesai dibangun dengan luas 1.600 meter persegi.

“Mudah-mudahan dengan adanya bangunan ini bisa menarik antusias masyarakat untuk memakmurkan masjid,” kata Deden Ferry, pengurus takmir Masjid Salman Al Farizi dilansir dari travel.kompas.com (25/5/2018).

Interior lantai 2A Masjid Salman Al Farizi. (Viarsitek.com)

Tim Khusus

Dalam proses pembuatannya, Deden mengakui jika ada tim khusus yang mendesain Masjid Salman Al Farizi, meski tanpa sengaja bentuk atau arsitekturnya mirip dengan Taj Mahal di India. “Kalau terkait dengan hal itu, tidak tahu. Jadi dulu ada tim sendiri yang mendesain masjid ini. Apakah itu ada tujuan tertentu dari desain itu,” pungkas Deden.

Saat ini, pengelola Masjid Salman Al Farizi dilakukan bersama-sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Malang. Rencananya, di lokasi Masjid Salman Al Farizi berdiri mau dibangun pondok pesantren. Karena itu Masjid Salman Al Farizi dibangun di lokasi yang jauh dari keramaian. Selain sebagai pusat ibadah, pihak pengelola juga ingin menjadikan masjid sebagai destinasi wisata.

Millens, selain berswafoto dengan background Taj Mahal-nya Indonesia, jangan sampai lupa beribadah ya! (MG10/E05)