Berburu Malam Lailatul Qadar, Kenali 8 Tanda-Tanda Datangnya.

Inilah tanda-tanda datangnya malam Laiatul Qadr

Berburu Malam Lailatul Qadar, Kenali 8 Tanda-Tanda Datangnya.
Malam Lailatul Qadr (Foto : wallpapershome.com)

inibaru.id - Semua umat muslim di dunia tentu sangat mengharapkan dapat menjumpai datangnya malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar adalah malam ketetapan atau malam sangat penting yang hanya terjadi di bulan Ramadan. Begitu pentingnya, banyak orang menyebutkan bahwa Lailatul Qadar merupakan malam terbaik. Bahkan dalam nash Al-Quran, malam Lailatul Qadar juga telah dijelaskan dengan perumpamaan yang dahsyat yakni malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Kemudian pertanyaannya, mengapa malam Lailatul Qadar disebut-sebut sebagai malam terbaik? jawabannya karena di dalam malam Lailatul Qadar terdapat begitu banyak kemuliaan yang diberikan oleh Allah. Dalam Malam Lailatul Qadar juga terdapat keberkahan yang melimpah. Selain itu keistimewaan malam Lailatul Qadar yang lain adalah pengampunan dosa bagi orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar, serta malam dicatatnya amalan tahunan yang dapat merestart ulang takdir yang diberikan oleh Tuhan dengan pengharapan yang sunggh-sungguh.

Tak ada satupun yang tahu kapan malam Lailatul Qadar tersebut akan datang. Namun, terdapat pendapat dari hadis yang diriwayatkan oleh salah satu perawi hadist yakni Bukhari yang mengatakan bahwa terjadinya malam Lailatul Qadar yaitu pada hari ke-10 terakhir bulan Ramadan. Hal tersebut berdasarkan hadist dari Aisyah yang mengatakan, “Rosulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam beri’tikaf disepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan ia bersabda, carilah malam lailatul Qadar di (malam ganjil) pada hari terakhir bulan Ramadan.”

Meskipun demikian, sekali lagi tak ada satupun yang mengerti kapan malam Lailatul Qadar tersebut terjadi. Dalam beberapa riwayat hanya disebutkan terkait tanda-tanda yang mengilhami datangnya malam Lailatul Qadar.

Baca juga:
Tepat Pilih Bahan Infused Water, Bantu Hindari Dehidrasi dan Lesu Saat Puasa
Masih Tak Syukur Mudik Mepet Lebaran? Belajar Dulu dari 10 Profesi Ini.

Nah, untuk berburu dan memperoleh keistimewaan malam Lailatul Qadar tersebut, berikut ini adalah tanda-tanda yang dapat dijumpai sebagai isyarat datangnya malam Lailatul Qadar.

  1. Suasana yang sejuk

Saat malam Lailatu Qadar, udara rerasa sangat sejuk. Tidak panas dan tidak dingin. Suasananya pun sangat nyaman. Pada malam tersebut taka da hawa gerah maupun terasa dingin.

  1. Suasana malam yang tenang

Pada malam Lailatul Qadar suasana yang terjadi juga terasa sangat tenang. Tidak ada kebisingan. Semua terasa sangat tentram dan nyaman. Sehingga dengan suasana tersebut seseorang akan terasa lebih khidmat untuk beribadah kepada Allah SWT

  1. Suasana malam yang cerah

Pada malam Lailatul Qadar langit tampak cerah. Langit jugatampak lebih terang dan terlihat sangat indah. Hal ini sebagaimana sabda nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Muslim 762, “Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam keduapuluh tujuh (dari bulan ramadan). Dan tanda-tandanya adalah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.”

  1. Diikuti Matahari yang bersinar lembut di pagi hari

Tanda selanjutnya malam Lailatul Qadar di pagi harinya diikuti dengan sinar matahari yang bersinar dengan lembut. Selain itu suasana hari itupun terlihat cerah.

  1. Angin berhembus sepoi-sepoi

Pada malam Lailatul Qadar angin berhembus lembut. Hal tersebut membuat suasana terasa lebih nyaman.

Baca juga:
Mudik, Sepanjang 110 Kilometer Tol Fungsional Brebes-Gringsing Siap Dilalui
Jalani Puasa Ramadan, Bonus 4 Tahap Detoksifikasi Tubuh secara Alami

  1. Tidak hujan

Pada malam Lailatul Qadar alam seperti menjadi saksi dengan ditandai tidak adanya hujan. Namun juga tidak panas. Langit tampah lebih cerah dan indah.

  1. Tiba di malam ganjil

Kedatangan malam laulatul Qadar lebih mungkin terjadi di malam-malam ganjil. Hal tersebut seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari no.2017, “Carilah Lalilatul Qadar Di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan.”

  1. Terjadi di 10 malam terakhir Ramadan

Malam Lailatul Qadar terjadi di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Hal tersebut seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari no.2020 dan Musllim no.1169, “Carilah malam Lailatul Qadar dapa sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan.”

Dengan tanda-tanda datangnya malam Lauilatul Qadar tersebut tidak kemudian menjadikan kita sibuk hanya mengamati dan memperhatikan kapan malam Lailatul Qadar itu datang. Tapi bagaimana kita lebih meningkatkan amal ibadah kita, terutama di hari-hari terakhir bulan Ramadan. (NA)