Berbuka, Makan atau Minum Dulu?

Makan atau minum dulu? Temukan jabannya disini

Berbuka, Makan atau Minum Dulu?
Makan atau Minum dulu (Foto : collective-evolution.com)

inibaru.id - Saat berpuasa, selama seharian tubuh kita dikondisikan untuk tidak mengonsumsi, baik makanan maupun minuman. Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama bulan puasa, saat berbuka sebaiknya makan dulu atau minum dulu?

Jika ditanya pertanyaan semacam itu pasti netizen sudah tahu betul jawabannya. Ya, saat berbuka memang sebaiknya diawali dengan minum terlebih dahulu. Pasalnya, selain untuk rehidrasi cairan tubuh dengan minum di awal berbuka dapat mengontrol konsumsi gula berlebih dari makanan ringan yang dikonsumsi.

Berbuka puasa dengan langsung melahap makanan rupanya dapat memunculkan risiko bagi penyerapan nutrisi makanan pada sistem pencernaan. Sebab enzim yang berada pada sistem pencernaan baru dapat bekerja menyerap nutrisi setelah mendapatkan cairan. Itu sebabnya lebih diutamakan untuk minum lebih dulu saat berbuka puasa.

Jumlah banyaknya minum saat berbuka tidak ditentukan. Yang paling penting adalah jumlah minum selama sehari telah mencukupi delapan gelas. (IP)