Tradisi Menyambut Para Haji

Setelah kurang lebih satu bulan menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, keluarga akan menyiapkan acara khusus untuk menyambut kepulangan mereka ke Tanah Air.

Tradisi Menyambut Para Haji
Luapan kegembiraan menyambut para haji setelah menginjakkan kaki di Tanah Air. (nu.or.id)

Inibaru.id – Beberapa hari terakhir, jemaah haji asal Indonesia sudah mulai kembali ke kampung halaman. Mungkin keluarga atau tetangga kamu ada di antaranya. Berbicara mengenai kedatangan para haji, ada tradisi yang nggak bisa di-skip begitu saja yaitu aneka acara menyambut haji.

Nah, biasanya keluarga haji akan mengadakan doa bersama dan mengadakan syukuran. Sebelumnya, keluarga dan masyarakat sekitar akan menyalami dengan cara memeluk dan menciumnya. Para tamu juga akan meminta doa pada haji dengan harapan memperoleh berkah. Setelah itu, mereka melanjutkan ke acara doa dan makan bersama.

(Ilustrasi) Syukuran dalam rangka menyambut jamaah haji.

Syukuran menyambut keluarga yang selesai melaksanakan ibadah haji. (media.ihram.asia)

Berdasarkan tulisan di nu.or.id, (9/9/2017), menurut Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Lampung, tradisi atau budaya seperti ini merupakan sebuah ibadah yang memiliki tuntun serta landasan syariat. Hukum menyambut para haji adalah sunah, sebagaimana ditegaskan oleh Iman Bukhari dalam kitab Shohih Bukhori juz 6, halaman 307. Di situ disebutkan, para sahabat menyambut kedatangan Rasulullah SAW pulang dari perjalanan haji.

“Ketika Nabi Muhammad SAW datang ke Makkah, anak-anak kecil bani Abdul Muthalib menyambut kedatangan beliau. Lalu Nabi Muhammad SAW menggendong salah satu dari mereka di depan dan yang lain di belakang,” katanya, mengutip hadis tersebut.

Nggak salah kalau kalian meminta doa dari orang yang baru pulang berhaji karena disunahkan, seperti penjelasan Imam Nawawi dalam Kitab Majmu’syarah al Muhadzab. Sementara, hukum jamuan dan hidangan juga sunah.

Tradisi Unik

Warga Dusun Teloke, Desa Batu Layar juga punya tradis unik menyambut para haji, lo. Dilansir dari KampungMedia.com, (25/10/2014), masyarakat di sana menyambut kedatangan haji dengan menghiasi jalan desa dengan janur kuning, bunga-bunga, dan papan ucapan selamat datang. Bahkan nggak jarang juga diadakan acara khusus untuk menyambut mereka di kampung. Wah, meriah banget ya!

Sesampainya di rumah, para haji ini akan saling bersalaman dan berpelukan dengan keluarga dan warga yang telah menunggu. Baru deh acara yang paling ditunggu-tunggu tiba. Bagi-bagi oleh-oleh khas haji seperti air zam-zam, kurma, minyak wangi, atau oleh-oleh lain. Nggak ketinggalan, cerita-cerita tentang prosesi atau kejadian seru selama di tanah suci. Wah, seru banget ya. Kalau di daerahmu ada ritual khusus apa nih? (MG10)