Sudah Praktik 8 Adab Makan Ala Rasulullah SAW Ini?

Masih asal masukin makanan ke dalam mulut? Duh, sebagai umat Islam, kamu harus tahu seperti apa adab makan sesuai perilaku Nabi Muhammad SAW ya, Millens!

Sudah Praktik 8 Adab Makan Ala Rasulullah SAW Ini?
Berdoa sebelum makan. (pustakatoday.com)

Inibaru.id – Kamu boleh saja merasa lapar, tapi jangan membabi buta saat ketemu makanan, ya. Semua ada aturannya. Nabi Muhammad SAW juga sudah memberikan contoh pada umat bagaimana adab makan yang baik. Dilansir dari Republika.co.id, (28/10/2017), ada 8 adab makan Rasulullah yang tersirat dan tersurat dalam hadis.

  1. Menyebut nama Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebelum makan

 Berdoa sebelum makan. (satujam.com)

Millens, sebelum makan, silakan membaca doa dengan menyebut nama-Nya sebagai bentuk terima kasih atas nikmat yang sudah diberikan.

  1. Makan makanan yang lebih dekat dengan posisimu

 konsultasisyariah.comMengambil makanan. (konsultasisyariah.com)

Sewaktu kamu makan, di meja tersaji banyak makanan yang dihidangkan. Nah, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mengajarkan agar mengambil makanan yang letaknya lebih dekat.

  1. Makan dengan tangan kanan

 muslimfamilia.comMakan dengan tangan kanan. (muslimfamilia.com)

Rasulullah menyarankan agar umat Islam makan dan minum menggunakan tangan kanan. Lalu bagaimana dengan orang kidal? Kalau tangan kiri kamu lebih aktif alias kidal, kamu harus tetap berusaha untuk makan dengan tangan kanan. Pasti bisa deh!

  1. Nggak makan-minum berlebihan

palembang.tribunnews.comIlustrasi. Makan terlalu banyak nggak baik buat kesehatan, lo! (palembang.tribunnews.com)

Millens, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, begitu juga saat kamu makan dan minum. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam menyarankan agar makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

  1. Nggak bersandar

 Bagi umat muslim, sewaktu makan disarankan untuk nggak bersandar. (duniabelajaranak.id)

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah Sallallahu Alahi Wasallam berkata kalau Nabi nggak mengambil makanan sembari bersandar atau melawan sesuatu.

  1. Nggak mencela makanan

wajibbaca.com

Makanan itu berkah. Kalau nggak suka, tinggalkan tanpa perlu mencela. Kalau mencela, berarti sama dengan nggak bersukur atas berkah yang diberikan. (wajibbaca.com)

Abu Hurairah pernah berkisah, jika Rasulullah nggak pernah sekali pun mencela makanan. Bila senang, maka Rasul memakannya dan billa nggak menyukainya, Rasul meninggalkannya.

  1. Makan dari bagian bawah piring

 Memulai makan dari bagian bawah atau dasar piring merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. (protocolo.org)

Dikisahkan oleh Ibnu Abbas, kalau Rasullillah bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian makan makanan, maka janganlah ia makan dari atas piring, tetapi hendaknya ia makan dari bawahnya. Sesungguhnya berkah turun dari atas.” (HR. Abu Daud)

  1. Dahulukan makan kalau sudah tersaji saat ikamah dikumandangkan

 kabarbaikonline.com

Sewaktu makanan sudah terlanjur tersaji di meja makan, Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk menyantapnya terlebih dahulu. (kabarbaikonline.com)

Ibnu Abbas berkisah kalai Rasulullah bersabda, “Jika makan malam telah tersedia dan iqamah dikumandangkan, maka dahulukan makan malam.” (HR.Tirmidzi).

Gimana, Millens, sebagai seorang muslim kamu sudah berperilaku sesuai yang dijelaskan oleh Rasulullah? Yuk ah, lakukan mulai sekarang biar hidup makin berkah. (MG10/E05)