Bayar Utang, Akikah, dan Berkurban. Manakah yang Harus Didahulukan?

Bayar Utang, Akikah, dan Berkurban. Manakah yang Harus Didahulukan?
Ilustrasi hewan kurban. (radarkediri.jawapos.com)

Mau kurban tapi harus bayar utang? Eh, belum akikah juga? Waduh, mana ya yang harus diutamakan?

Inibaru.id – Hari Raya Iduladha sebentar lagi tiba nih. Sebagai umat muslim, hukumnya sunah muakkad atau sunah yang dikuatkan untuk berkurban. Bentuknya bisa berupa hewan kurban, makanan pokok, atau uang tunai.

Nu.or.id (25/8/2017) menulis, hukum kurban sebagai sunah muakkad dikukuhkan oleh Imam Malik dan Imam Syafi’i. Sedangkan menurut Imam Abu Hanifah, hukum kurban adalah wajib bagi umat muslim yang mampu dan nggak sedang dalam keadaan safar atau bepergian.

Yap, berkurban bisa menjadi sarana bagi umat muslim untuk berbagi rezeki dengan sesama yang lebih membutuhkan.

Tapi kalau saat Iduladha tiba ternyata bertepatan juga dengan jatuh tempo membayar utang, bagaimana ya?

Ilustrasi membayar utang. (netnit.net)

Eits, yang namanya utang wajib dibayar ya. Nah, kalau kebetulan Sobat Millens sedang punya utang dan jatuh temponya bertepatan dengan waktu membayar kurban, maka dahulukan dulu bayar utangnya ya.

Tapi kalau jatuh tempo membayar utang masih jauh dari waktu membayar kurban, maka tunaikanlah dulu ibadah kurban seperti ditulis kumparan.com (25/8/2017). Semoga dengan begitu Allah SWT akan melimpahkan rezeki Sobat Millens agar bisa segera membayar utang deh.

Nah, bagaimana dengan akikah dan ibadah kurban? Manakah yang harus didahulukan kalau waktunya bersamaan atau berdekatan?

Fyi, akikah adalah menyembelih hewan kurban dalam untuk bayi yang baru lahir. Kumparan.com (25/8/2017) menulis, dalam HR Al Baihaqi diterangkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Aqiqah disembelih pada hari ketujuh atau empat belas atau dua puluh satu.”

Prosesi akikah. (ridzkinoviansyah.com)

Tapi kalau orang tua bayi sedang dalam keadaan nggak mampu pada hari-hari itu, maka akikah bisa dilakukan kapan pun saat dia sudah memiliki rezeki yang cukup.

Nah, kalau kebetulan pelaksanaan akikah dan ibadah kurban pada Iduladha bersamaan, jangan bingung. Hendaknya dahulukan ibadah kurban sebab ibadah itu memang hanya bisa dilaksanakan pada bulan Dzulhijah saja.

Setelah itu kalau punya rezeki yang cukup, barulah laksanakan akikah sebab waktunya lebih fleksibel. Yap, meski sama-sama menyembelih hewan kurban namun keduanya beda tujuan ya.

Jadi bagaimana Sobat Millens? Sudah nggak bingung lagi kan, mana yang harus didahulukan antara membayar utang, akikah, atau berkurban? (IB10/E05)