8 Adab Membaca Alquran Digital

8 Adab Membaca Alquran Digital
Membaca Alquran digital. (QforQuran)

Ada 8 adab yang harus kamu dipenuhi jika mau membaca Alquran digital. Apa saja ya kira-kira?

Inibaru.id – Sekarang ini kamu memang nggak perlu lagi membawa Alquran mushaf cetak ke mana-mana. Berkat kemajuan teknologi, kamu bisa mendengarkan atau bahkan belajar membaca Alquran dalam bentuk digital yang ringkas dan praktis. 

Terus bagaimana ya adab membacanya? Menurut Alqolam.com (30/3/2017), beberapa ulama berpendapat, adab yang disunahkan saat membaca Alquran yang berbentuk buku juga disunahkan dalam membaca Alquran bentuk digital. Apa saja ya? 

1. Niat

Membaca niat sebelum membaca Alquran. (Shutterstock.com)

Luruskan niat, karena setiap amal perbuatan yang kita lakukan tergantung pada niatnya. Dengan begitu, setiap amal kita akan mendapat ganjaran yang baik karena memiliki niat yang baik pula.

2. Berwudu

Berwudu. (Akos.ba)

Kamu disunahkan dalam keadaan suci jasmaniah jika mau membaca Alquran, Millens. Sebab itu, ulama menyunahkan untuk berwudu terlebih dahulu sebelum membaca Alquran. Sebagian ulama juga menyunahkan untuk membersihkan mulut dengan siwak atau bahan semisalnya sebelum membaca Alquran.

Nah, kalau ingin membaca Alquran di sela-sela aktivitas, Sobat Millens bisa mengambil air wudu sebelum melakukan aktivitas tersebut.

3. Di tempat yang bersih

Membaca di tempat yang bersih. (Shutterstock.com)

Membaca Kitabullah di tempat yang bersih adalah sunah. Memang saat ini Alquran dapat dengan mudah dibawa ke mana-mana dan kita dapat membacanya di mana pun kita berada. Namun, kita tetap harus mempertimbangkan tempat yang bersih saat membacanya.

4. Membaca taawuz

Membaca taawuz saat membaca Alquran digital. (Bp4.blogspot.com)

Disunahkan membaca taawuz sebelum memulai membaca Alquran. Sebagian ulama menyatakan bahwa membaca taawudz saat mengawali membaca Alqur’an adalah sunah dan bukan wajib.

5. Membaca basmalah

Membaca basmalah. (Wanitashalihah.com)

Setelah baca taawuz, lanjutan dengan membaca basmalah sebelum memulai membaca setiap surat, selain surah At Taubah. Ulama berpendapat bahwa saat memulai membaca Alquran dipertengahan sura, hanya disunahkan membaca taawuz tanpa perlu basmalah.

6. Khusuk dan Tadabur

merenungkan setiap makna Alquran. (newmuslimthailand.com)

Hendaklah khusuk ketika membaca Alquran. Selain itu, kita juga harus mencoba merenungkan isi kandungan ayatnya.

7. Tenang

Membaca dengan baik. (tajwid.web.id)

Disunahkan untuk membaca Alquran dengan hati dan pikiran yang tenang dan nggak terburu-buru untuk melakukan sesuatu yang lainnya. Tenang dan nggak terburu-buru agar kita bisa memperhatikan bacaan, hukum tajwidnya, makharijul hurufnya, dan sebagainya.

8. Tartil

Harus tartil. (Internationalbusinesstimes)

Rasulullah SAW membaca Alquran dengan tartil, nggak lambat, tetapi juga nggak cepat. Sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT, dan beliau membaca satu per satu kalimat. Sehingga satu surah dibaca lebih lama dari pada kalau dibaca biasa.

Nah, sekarang sudah paham kan adabnya. Nggak ragu lagi buat mengunduh kan? (IB06/E05)