Masjid Agung Kediri dan Arsitektur Megahnya

Beribadah sekaligus berwisata, kenapa nggak? Kamu bisa melakukan dua hal itu sekaligus di Masjid Agung Kediri.

Masjid Agung Kediri dan Arsitektur Megahnya
Masjid Agung Kediri terlihat megah (wisatalengkap.com)

Inibaru.id – Dikenal sebagai Kota Tahu, kamu tahu nggak kalau Kediri punya masjid megah yang menarik buat dikunjungi?Yap, Masjid Agung Kediri namanya. Masjid itu berada di timur Sungai Brantas, tepatnya di Jalan Panglima Sudirman No 160 dan merupakan yang terbesar di Kediri, Millens.

Masjid Agung Kediri. (Youtube.com)

Singgahkemasjid.blogspot.com (25/3/2017) menulis, lantai basemen masjid yang baru kelar pada 2006 itu difungsikan untuk tempat wudu, kamar mandi, dan tempat parkir kendaraan, sedangkan lantai dasarnya digunakan untuk ruang serba guna yang bisa disewa untuk pernikahan atau semacamnya. Sementara, untuk ruang salat ada di lantai dua dan tiga.

Selain luas, satu hal yang menarik dari Masjid Agung Kediri adalah arsitekturnya yang memadukan. Masjid itu memadukan gaya masjid-masjid dunia. Pilar-pilar besar di masjid itu sekilas mirip Masjid The Foundation of Islamic Center di Thailand. Sementara, jendela kaca besar dan tembok yang menjulang menggambarkan gaya Eropa dan Turki, seperti ditulis kontraktorkubahmasjid.com (6/7/2017).

Arsitektur dalam Masjid Agung Kediri (singgahkemasjid.blogspot.com)

Selain berkiblat pada masjid-masjid dunia, Masjid Agung Kediri juga tetap memasukkan unsur Nusantara, yakni pada atapnya yang berbentuk joglo. Joglo tiga tumpuk itu disusun bersilangan sehingga jika dilihat dari bawah atau ketinggian bentuknya menyerupai bintang delapan.

Segi delapan merupakan simbol delapan arah mata angin. Seperti ditulis singgahkemasjid.blogspot.com (25/3/2017), segi delapan itu juga mengisyaratkan kalau Islam menebar rahmat ke seluruh alam.

Megahnya Masjid Agung Kediri dilihat dari udara (kontraktorkubahmasjid.com)

Arsitekturnya yang keren membuat masjid tersebut kerap dijadikan latar berswafoto. Hm, tapi jangan berfoto pas ada yang sedang beribadah ya. Nggak sopan!

Kalau kebetulan kamu sedang berkunjung ke Kediri, nggak ada salahnya, lo, mampir ke Masjid Agung Kediri. Selain beribadah, kamu juga bisa refreshing dengan swafoto berlatar masjid yang megah. Asyik kan? (IB10/E03)