7 Kejadian Bersejarah Pada 10 Muharam

7 Kejadian Bersejarah Pada 10 Muharam
Ilustrasi sepuluh Muharam. (nu.or.id)

Bulan Muharam merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Banyak pertolongan yang diberikan pada bulan ini terhadap para nabi. Yuk simak apa saja!

Inibaru.id – Memasuki Tahun Baru Islam 1 Muharam, umat muslim disunahkan untuk memperbanyak  ibadah. Bulan ini memberikan keberkahan melebihi bulan-bulan lain bagi umat Islam.

Selain itu, pada hari Asyura atau 10 Muharam juga memiliki keistimewaan. Yap, pada tanggal tersebut ada berbagai kejadian bersejarah.

1. Tobatnya Nabi Adam

Pada tanggal 10 muharam, tobat Nabi Adam diterima Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Dikisahkan nabi Adam menyesali perbuatannya memakan buah quldi. Setelah dikeluarkan dari surga, ia bertobat dan memohon ampunan pada Allah SWT hingga diterima oleh-Nya.

2. Berlabuhnya Kapal Nabi Nuh

Kapal Nabi Nuh berlabuh di bukit Zuhdi setelah mengarungi banjir pada tanggal ini. Kala itu dunia dilanda banjir air bah yang diturunkan Allah SWT untuk memusnahkan kaum Nabi Nuh yang durhaka.

3. Selamatnya Nabi Ibrahim dari Siksa Api

Nabi Ibrahim selamat dari siksa raja Namrud berkat mukjizat dari Allah SWT juga pada tanggal ini, Millens. Raja Namrud murka karena Nabi Ibrahim menghancurkan berhala yang disembahnya dan rakyatnya. Dia memerintahkan prajuritnya untuk menghukum Nabi Ibrahim dengan cara dibakar.

4. Nabi Yusuf Bebas dari Penjara Mesir

Pada tanggal 10 Muharam Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara. Ia dipenjara karena difitnah ingin melakukan tindakan tercela pada Zulaikha. Namun Nabi Yusuf terbukti nggak bersalah.

5. Nabi Yunus Keluar dari Perut Ikan Paus

Untuk mengurangi beban berat agar kapal nggak tenggelam, Nabi Yunus rela terjun ke lautan. Nabi Yunus yakin bahwa ini adalah kehendak Tuhan, sehingga dia ikhlas. Tuhan yang mendengar doa nabi Yunus kemudian mendatangkan ikan paus untuk menelannya. Setelah berada selama 40 hari di perut ikan paus, Nabi Yunus keluar dari perut ikan paus pada tanggal 10 muharam.

6. Nabi Ayyub Disembuhkan dari Penyakit

Penyakit Nabi Ayyub terangkat pada tanggal 10 Muharam. Ia menderita penyakit kulit, kehilangan teman, dan harta. Mukjizat ini diberikan karena Nabi Ayyub sabar dan ikhlas dengan cobaan yang diberikan Allah SWT.

7. Nabi Musa Selamat dari Pengejaran Fir’aun

Atas kehendak Allah SWT, laut merah terbelah dan menjadi jalan keluar bagi Nabi Musa dan kaumnya. Berkat bantuan tersebut, mereka berhasil lari dari kejaran Firaun.

Wah, banyak juga kan perjuangan nabi yang bertepatan pada hari Asyura. Kisah ini jadi bukti kebesaran Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pelindung. Semoga bisa jadi pelajaran yang bermanfaat, Sobat Millens! (MG13/E05)