7 Kegiatan Ramadan Ini Bakal Bikin Kamu Betah di Rumah

Kamu ingin betah dirumah saat ramadhan? ikutin kegiatan-kegiatan ini

7 Kegiatan Ramadan Ini Bakal Bikin Kamu Betah di Rumah
Ramadan Kareem 2017. (foto: hiprpress.com)
2k
View
Komentar

inibaru.id - Bulan Ramadan memang bulan yang banyak dinanti oleh umat muslim. Dan akan sangat menyenangkan jika bulan puasa bertepatan dengan hari libur. Cuma terkadang saat libur sekolah atau kerja, tak sedikit orang yang kebingungan akan mengisi waktu hingga berbuka dengan cara seperti apa.

Keluar rumah acap kali jadi pilihan terakhir karena kondisi di luar yang cukup terik sehingga membuat tubuh justru akan menjadi cepat lelah. Anda tentu ingin agar Ramadan Anda terisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan tidak menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang-orang sekitar. Lantas apa saja kegiatan bermanfaat yang bisa Anda lakukan ? Yuk, simak!

1. Membaca Al-Qur’an

Bulan suci Ramadan selalu dinanti para kaum muslim lantaran hanya di bulan inilah banyak amalan-amalan baik yang pahalanya dilipatgandakan oleh Allah. Nah, sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan membaca Al-Qur'an.

Selain mendatangkan pahala, perasaan pun akan lebih tenang dan tenteram saat membacanya, sehingga Anda dapat terhindar dari perbuatan yang akan merusak puasa Anda. Jangan lupa membaca terjemahan dan tafsirnya juga yaa. Jadi selain membaca Al Quran-nya jadi lebih fasih, pengetahuan Anda pun akan bertambah luas dan lebih mudah dalam mengamalkannya.

Baca juga:
5 Kebiasaan Sehat Selama Bulan Puasa
Ramadan, Belanja Daring Lebih Diminati Konsumen

2. Memasak

Nah, bulan puasa ini kayaknya waktu yang tepat nih, buat yang pada punya hobi memasak atau yang tertarik ingin belajar memasak. Anda bisa belajar memasak untuk menu berbuka puasa. Selain belajar secara otodidak, Anda juga sisa meminta orang lain seperti ibu, kakak, nenek atau tante untuk mengajari.

Bisa juga Anda mencontek resep masakan dari majalah, koran atau situs-situs di internet yang memuat panduan memasak. Jika Anda memang sudah terampil dalam memasak, Anda bisa bereksperimen membuat menu-menu baru yang belum pernah dibuat sebelumnya. Itu akan lebih mengasyikkan.

3. Menonton

Yap, Anda juga pasti setuju, jika menonton juga bisa jadi hal yang tidak kalah mengasyikkannya dengan memasak. Dengan menonton, Anda dapat mengaktifkan kedua otakmu secara sekaligus. Bagaimana bisa? Gambar yang dilihat akan mengaktifkan kinerja otak kananmu sementara tulisan yang kamu baca akan mengaktifkan kinerja otak kirimu.

Tugas Anda adalah mencari tontonan yang bisa jadi tuntunan bagi kehidupan, seperti ceramah atau siraman rohani, berita yang aktual dan faktual, acara edukasi, talkshow motivasi dan masih banyak lagi. Selain menonton televisi, Anda juga bisa menonton film maupun video yang memotivasi, menambah wawasan, mengasyikkan dan tentunya membuat Anda tetap bersemangat menjalani ibadah puasa.

4. Membaca Buku

Kita semua tahu benar bahwa membaca merupakan jendela dunia yang akan memberikan kita banyak informasi dan pengetahuan baru yang mungkin saja belum didapatkan. Menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca buku-buku yang disukai tentu akan membuat Anda tak cepat merasa bosan. Dan pastinya, Anda akan banyak mendapat informasi serta pengetahuan baru dari buku yang dibaca.

Baca juga:
6 Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa
Jalani Puasa Ramadan, Bonus 4 Tahap Detoksifikasi Tubuh secara Alami

5. Berkarya, Mencoba Hal Baru

Momentum bulan suci ini akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk hal-hal positif, termasuk salah satunya adalah mengasah bakat, hobi atau soft skill yang kamu miliki. Misalnya kamu hobi melukis, maka di rumah kamu bisa mencoba melukis, membuat suatu karya baru sehingga hobimu dapat tersalurkan dan terasah dengan baik. Hal ini akan membuat Anda menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu dengan mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan akan membuat Anda menemukan potensi baru yang bisa terus diasah hingga bisa menghasilkan suatu karya yang baik.

6. Berselancar di Dunia Maya

Berselancar di dunia maya tentu sudah bukan lagi hal yang asing bagi Anda. Selama ramadan, Anda bisa berselancar mempelajari ilmu-ilmu agama atau browsing materi-materi yang bermanfaat yang akan menambah pengetahuan atau wawasan . Tapi jangan sampai keasyikan browsing lalu melupakan ibadah ya.

7. Membereskan Rumah

Bagi sebagian orang, beres-beres rumah bisa jadi hal mengasyikkan yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berpuasa. Karena dengan membereskan rumah terkadang kita lupa waktu, hingga tahu-tahu sudah tiba waktu berbuka.

Hanya saja, yang perlu diwaspadai adalah, jika terlalu bersemangat saat membersihkan rumah, kita akan merasa cepat lelah dan haus. Untuk mengantisipasi hal itu, Anda bisa memulai membereskan rumah di pagi hari, sehingga ketika lelah, Anda bisa tidur siang setelahnya. Atau bisa juga Anda melakukannya di sore hari, sambil menanti waktu berbuka. (IP/IB)