6 Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa

Ingin terhindar dari dehidrasi saat puasa? ini tipsnya

6 Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa
Dehidrasi (Foto : theodysseyonline.com)
615
View
Komentar

inibaru.id - Salah satu hal yang paling menjadi masalah ketika tengah menjalankan ibadah puasa adalah dehidrasi. Dehidrasi saat berpuasa tak hanya disebabkan oleh cuaca yang yang kering dan panas. Tatapi hal itu juga dapat terjadi karena kurangnya asupan kadar air dalam tubuh seseorang.

Dilansir dari Emirates247, menyebutkan tentang beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurasi rasa haus yang berlebihan selama menjalankan ibadah puasa.

Baca juga:
5 Kebiasaan Sehat Selama Bulan Puasa
7 Kegiatan Ramadan Ini Bakal Bikin Kamu Betah di Rumah

  1. Meminum sekurang-kurangnya delapan gelas air putih setiap hari. Jika tengah berpuasa, delapan gelas air putih tersebut dapat dimaksimalkan ketika malam hari. Pastikan jumlah air yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan tubuh.
  2. Pada saat sahur hindari makanan yang panas dan pedas. Karena hal tersebut dapat meningkatkan rasa haus.
  3. Bagi penggemar makanan berasa asin, saat puasa lebih baik untuk mengurangi kadar garam dalam makanan. Selain itu hindari makanan seperti ikan asin dan juga acar. Kadar makanan yang asin berpotensi meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan. Sehingga cairan dalam tubuh akan banyak terserap untuk mencerna makanan dengan kadar garam tinggi.
  4. Memakan buah segar dan sayuran yang kaya akan air dan serat. Makanan dengan kadar serat tinggi akan mampu bertahan lebih lama dalam proses pencernaan. Sehingga akan mengurangi rasa haus.
  5. Meminum jus buah segar, tetapi hindari jus dengan pemanis buatan.
  6. Mengupayakan untuk tidak meminum banyak air sekaligus saat makan. Mencoba membuat pola minum air antara rentan waktu buka hingga santap sahur dalam jumlah sedang namun sering.

Baca juga:
Ramadan, Belanja Daring Lebih Diminati Konsumen
5 Kiat Daki Gunung Saat Ramadan

Demilkian beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para muslim untuk menghindari dehidrasi pada saat menjalankan ibadah puasa. (NA)