6 Masjid Tanpa Kubah ini Punya Desain Bangunan Menawan

6 Masjid Tanpa Kubah ini Punya Desain Bangunan Menawan
Masjid Raya Sumatra Barat. (new-indonesia.org)

Kubah jadi ikon paling menonjol bagi masjid. Tapi, bagaimana ya kalau ada masjid yang dibangun tanpa kubah? Hm.

Inibaru.id – Seiring perkembangan zaman, tren bangunan masjid kini mulai berubah lo. Sekarang, masjid nggak melulu dibangun dengan kubah dan menara. Sudah banyak masjid unik tanpa kubah yang nggak kalah menawan dan megah. Yuk simak uraiannya di bawah ini!

  1. Masjid Al Safar Tol Cipularang

Msjid Al Safar. (Tempo.co)

Masjid ini jadi ikon Tol Cipularang, lo. Yap, Masjid Al-Safar yang punya desain arsitek megah ini dirancang oleh Ridwan Kamil bersama Urbane. Desain masjid yang berada di rest area KM 88B tersebut punya bentuk unik menyerupai ikat kepala khas Sunda. Wah!

  1. Masjid Al Irsyad Bandung

Masjid Al Irsyad Bandung. (Kompas.com)

Ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat, ada masjid yang terkenal, yaitu Masjid Al Irsyad Bandung. Masjid ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil dengan desain futuristik. Masjid ini dibangun sejak 2009 dan berhasil diresmikan setahun berikutnya. Luas bangunan dari masjid ini berkisar 1.696 meter persegi, sedangkan bagian selasarnya sekitar 807 meter persegi.

  1. Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid Raya Sumatra Barat. (SkyperCity)

Dari Jawa Barat kita terbang ke Sumatra. Masjid Raya Sumatra Barat merupakan masjid terbesar di provinsi tersebut. Masjid ini terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Masjid ini sangat unik karena lantai dua tempat kegiatan salat terhubung dengan teras depan yang melandai ke arah jalan. Pemerintah Kota Padang melakukan sayembara pemilihan desain masjid yang diikuti oleh 323 arsitek dari banyak negara dan dimenangkan oleh Rizal Muslimin.

  1. Masjid Cut Meutia Jakarta

Masjid Cut Meutia. (Google Maps)

Masjid Cut Meutia Jakarta merupakan salah satu peninggalan zaman kolonial Belanda kala itu. Masjid ini terletak di Jl. Cut Meutia No. 1, Jakarta Pusat. Arsitektur masjid ini cukup unik, menggabungkan desain bangunan Belanda dan seni kaligrafi Islam. Dulunya, bangunan ini pernah dipakai oleh Belanda sebagai kantor perusahaan, kantor Jawatan Kereta Api Belanda, kantor pos Belanda, hingga kantor Angkatan Laut Jepang.

  1. Masjid 99 Cahaya Tubaba Lampung

Masjid 99 Cahaya. (Blogger/My Dreams)

Tulang Bawang Barat merupakan kabupaten baru di Provinsi Lampung. Kini, Masjid 99 Cahaya adaah ikon kabupaten tersebut. Masjid yang sengaja dibuat tanpa kubah itu diarsiteki oleh Andramatin. Bangunannya yang menjulang menandakan hubungan antara manusia dengan Tuhan.

  1. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho. (Blogger/Bumi Nusantara)

Masjid Cheng Ho terletak 1 KM di sebelah utara Gedung Balaikota Surabaya. Masjid ini mengusung nuansa muslim Tionghoa sebagai filosofi bangunannya. Pembangunan dan peresmiannya dilakukan sejak 2002 silam.

Masjid yang juga diberi nama Muhammad Cheng Ho ini mirip dengan bangunan kelenteng yang memiliki nuansa warna kuning, hijau, dan merah.

Gimana Millens? Kalau kamu berada dekat dengan lokasi 6 masjid tersebut jangan lupa bertandang ke sana ya! (IB06/E05)