5 Wisata Religi untuk Kamu Kunjungi di Blora

Berwisata ke Kabupaten Blora nggak melulu soal wisata kuliner. Kamu juga bisa berwisata ruhani di sana.

5 Wisata Religi untuk Kamu Kunjungi di Blora
Masjid Agung Baitunnur di Blora. (situsbudaya.id)

Inibaru.id – Mengunjungi Kabupaten Blora, kamu nggak hanya bisa menikmati sajian kuliner khas yang nikmat. Coba mampir ke tempat-tempat wisata religi di sana deh. Hm, di mana saja ya kira-kira?

  1. Makam KH Abdul Kohar

KH Abdul Kohar adalah salah seorang keturunan dari Kesultanan Demak, Millens. Dia dikenal sakti dan menjadi tokoh Islam di Blora. Banyak umat muslim yang mengunjungi makamnya di Desa Ngampel, Kecamatan Blora untuk berziarah.

  1. Makam Poucut Meurah Intan

Sebagai seorang pahlawan perempuan dari Aceh yang gigih melawan penjajah, Poucut Meurah Intan diasingkan ke Blora. Dia meninggal pada 1937 dan dimakamkan di pemakaman umum Desa Temurejo, Kecamatan Blora.

  1. Makam Purwo Suci Ngraho Kedungtuban

Berada di Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, makam itu termasuk yang disakralkan oleh warga.

Melansir laman harianblora.com (5/9/2018), Purwo Suci adalah penerus dari Arya Penangsang, penguasa terakhir dari Demak. Purwo Suci juga dipercaya sebagai tokoh yang berjasa dalam pembangunan Kabupaten Blora.

  1. Makam Sunan Pojok

Komplek Makam Sunan Pojok berada di pusat Kabupaten Blora. Tepatnya di selatan Alun-alun Blora. Di sana menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi Surobahu Abdul Rohim, seorang perwira Kerajaan Mataram yang berhasil mendamaikan kerusuhan di wilayah pesisir utara.

  1. Masjid Agung Baitunnur

Puas berwisata ziarah ke makam-makam, kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Baitunnur yang berada di Jalan Alun-alun Barat 1, Kauman, Kecamatan Blora.

Masjid terbesar sekaligus tertua di Blora itu sudah ada sejak masa Kesultanan Mataram lo. Masjid Agung Baitunnur dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung yakni antara 1613-1645 seperti ditulis singgahkemasjid.blogspot.com (15/7/2017).

Nah, setelah tahu tempat-tempat wisata religi di Blora tadi kamu jadi punya ide wisata ruhani kalau berkunjung ke Kota Sate itu kan? Nggak hanya menyenangkan badan dan pikiran, ruhani pun bakal segar kembali deh. (IB10/E05)