Lima Tips Beribadah Haji agar Mabrur

Bagi umat Islam, ibadah haji bukan sekadar datang lalu pergi dari tanah suci saja, melainkan menyerahkan diri kepada Yang Maha Pencipta supaya mabrur.

Lima Tips Beribadah Haji agar Mabrur
Jemaah haji sedang berdoa kepada Allah SWT di Jabal Nur agar mendapat hidayah serta menjadi haji yang mabrur. (infohaji.co.id)

Inibaru.id – Semua umat Islam yang beribadah haji tentu pengin menjadi haji yang mabrur. Tapi, kebanyakan masyarakat (pemeluk agama Islam) nggak tahu apa itu haji mabrur dan cara agar menjadi haji mabrur.

Dilansir dari  muslim.or.id, (28/8/2016), barang siapa yang menenuaikan ibadah haji menurut cara dan tuntunan yang disyairatkan, maka insya Allah dia termasuk dalam kandungan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, yang berbunyi: “Umrah ke umrah adalah penghapus dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur nggak ada balasan baginya kecuali surga” (HR. Bukhari – Muslim).

Nah, berdasarkan pengertiannya, haji mabrur adalah haji yang diterima dan diridai oleh Allah SWT karena ibadah haji dilakukan dalam keadaan suci dan halal. Seseorang yang berhaji nggak bisa mencapai mabrur jika ibadah haji yang dikerjakan hanya untuk gaya atau status.  Apalagi jika seusai ikembali ke tanah air perilakunya masih sama bahkan lebih buruk dari sebelumnya. Nggak banget kan?

Umat Islam sedang mengelilingi kabbah sebagai salah satu syarat beribadah haji

Jemaah haji sedang mengelilingi kakbah (tawaf). (topmetro.news)

Memang, menuju haji mabrur bukan perkara mudah. Tapi bukan berarti mustahil, lo. Kamu punya rencana pergi haji suatu saat nanti dan pengin banget dapat predikat mabrur? Bisa kok, Millens. Selain memenuhi syarat dan rukun haji, kamu juga bisa menyimak kiat-kiat berikut ini untuk memperoleh rida dari Sang Pencipta.

Ikhlas

Beribadah haji hendaknya dilakukan ikhlas karena Allah SWT. Sebagai jemaah haji, melakukan ibadah haji bukan karena keinginan mendapat sebutan “haji” semata, melainkan karena keikhlasan untuk mencari rida dan taqarrub (mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ittiba’

Ittiba' adalah meneladani tata ibadah haji Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam dan menjauhi segala perkara bidah haji.

Harta Halal

Harta yang digunakan jamaah haji saat beribadah haji merupakan harta yang halal. Jadi, kalau ada orang yang pergi haji menggunakan uang hasil korupsi atau uang yang nggak seharusnya jangan bisa mabrur ya.

Mengendalikan Nafsu

Sewaktu beribadah haji, jemaah harus fokus pada ibadahnya dan nggak mikirin urusan dunia. Jauhkan diri dari tindakan yang menimbulkan birahi, berkata kotor, dan lain sebagainya. Jangan sampai apa yang dilakukan justru menodai kesakralan ibadah.

Berakhlak Terpuji

Bagi jemaah haji, wajib berakhlak baik antarsesama, tawaduk dalam bergaul, dan suka membantu kebutuhan jamaan lainnya.

Setelah kamu melakukan semua hal tersebut di tanah suci, kiat terakhir adalah pasrah. Mabrur atau nggaknya seseorang merupakan rahasia Allah. Manusia hanya bisa berusaha. Betul nggak, Millens?  (MG10/E05)