5 Kebiasaan Sehat Selama Bulan Puasa

Ingin sehat saat bulan puasa? ikutin kebiasaan ini

5 Kebiasaan Sehat Selama Bulan Puasa
Ramadan. (plus.google.com)

inibaru.id - Berpuasa pada bulan Ramadan tentu saja nggak cuma sebagai salah satu bentuk ibadah wajib. Puasa ramadan juga bisa menjadi awalan untuk kembali memulai gaya hidup sehat. Sehingga kebiasaan tersebut akan mulai terbangun meski bulan ramadan telah berlalu.

Saat puasa ramadan, jumlah asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh otomatis berkurang. Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan tetap prima saat berpuasa penuh selama sebulan, kita perlu menjalani gaya hidup sehat. Seperti apa saja tipsnya? Yuk, simak tips berikut.

  1. Minum Air Lebih Banyak

Tubuh yang normal membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Hanya saja, memenuhi standar kebutuhan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa bisa dibilang jadi tantangan yang cukup berat. Tapi mau nggak mau hal itu harus dilakukan.

Baca juga:
6 Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa
5 Kiat Daki Gunung Saat Ramadan

Siapkan selalu botol berisi air putih di dekat Anda, sehingga akan memudahkan Anda untuk mengonsumsi air putih. Begitupun saat sahur. Paling tidak sedikitnya 3-4 gelas air putih saat sahur dan buka puasa. Jika bosan minum air putih yang hambar, bisa menambahkan irisan lemon, jeruk, ketimun atau daun mint agar lebih kaya rasa dan menyegarkan.

  1. Konsumsi Makanan Secukupnya

Ketika berpuasa, banyak orang cenderung akan tergoda untuk menyantap banyak makanan. Padahal mengisi perut dengan banyak makanan setelah perut kosong selama lebih dari 12 jam akan membuat perut kembung dan tak nyaman.

Sebaiknya jangan kalap saat berbuka. Selain itu juga jangan terlalu cepat dalam menyantap makanan. Nikmati rasa makanan di tiap gigitan dan kunyahan.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Saat berbuka, usahakan konsumsi banyak sayuran. Bisa sayuran yang sudah dimasak atau sayuran segar seperti salad. Sayuran berbagai warna akan menutrisi tubuh dengan banyak jenis antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari efek merusak radikal bebas.

Tak itu saja, sayuran yang kaya serat akan membantu mengenyangkan. Sayuran juga akan membantu mengontrol kadar gula darah dan menjaga berat badan ideal. Anda bisa mengonsumsi sayuran dalam kondisi mentah segar, dikukus sebentar, direbus atau dibuat makanan berkuah.

Baca juga:
7 Kegiatan Ramadan Ini Bakal Bikin Kamu Betah di Rumah
Jalani Puasa Ramadan, Bonus 4 Tahap Detoksifikasi Tubuh secara Alami

  1. Makan Buah Segar

Nah, untuk menjaga agar tubuh tak mengalami dehidrasi saat seharian berpuasa, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, melon, jeruk atau pir. Bila Anda ingin makan yang manis-manis, Anda bisa memilih mangga, pisang, pir atau apel merah. Makan buah bakal mencukupi kebutuhan Anda akan vitamin, mineral juga serat yang akan membuat tubuh lebih fit saat beraktivitas sambil menjalankan ibadah puasa. 

  1. Kurangi Gorengan

Selain kolak dan kurma, gorengan nggak dimungkiri memang kerap jadi primadona yang selalu ditunggu-tunggu saat berbuka puasa. Siapa yang nggak bakal kepincut dengan rasa gurih dan renyahnya. Tapi keseringan makan gorengan selama Ramadan bisa berakhir dengan penumpukan lemak dan kalori. Ujung-ujungnya, berat badan bakal naik dan tubuh menggemuk. Tentu Anda tak ingin tampak terlihat lebih besar saat mengenakan pakaian baru di hari lebaran bukan? Hehehe.

Selama bulan puasa, sebaiknya, perbanyak makanan yang dipanggang, direbus, dikukus atau ditumis dengan sedikit minyak. Seimbangkan konsumsi makan gorengan dengan memperbanyak makan sayur dan minum air putih. (IP/IB)