Vitiligo Nggak Menjadi Halangan @tiawn7 untuk Terus Maju
Foto bareface Itang yang mendapatkan banyak retweet dan likes dari warganet.  (Twitter/tiawn7)

Vitiligo Nggak Menjadi Halangan @tiawn7 untuk Terus Maju

Seorang warganet pengidap vitiligo dengan akun @tiawn7 di Twitter menceritakan tentang kelainan yang diidapnya dalam sebuah cuitan. Penyakit yang disebabkan karena pigmen kulit ini ternyata bukan alasan baginya untuk nggak maju dan bersyukur.

Inibaru.id - Vitiligo merupakan sebuah kelainan pada jaringan di dalam kulit yang tidak mampu memproduksi sel pigmen warna sebagaimana mestinya. Hal ini biasanya terjadi di bagian wajah, tangan, mata, rambut, hingga dalam mulut. Ini menyebabkan di bagian-bagian kulit tertentu warnanya terlihat putih dan akan terlihat dengan jelas ketika penderita berwarna kulit gelap.

FYI, diperkirakan dari 100 orang akan ada 1 yang menderita vitililgo. Penyakit ini bisa menyerang pada semua orang dan kemunculannya ada sebelum berusia 20 tahun. Vitiligo diakibatkan karena beberapa faktor seperti kelainan genetik, sistem kekebalan tubuh yang terserang, stres, kulit terbakar sinar matahari atau kulit terpapar bahan kimia tertentu.

Salah seorang penderita vitiligo, Itang Setiawan dengan akun Twitter @tiawn7 mencuri perhatian pengguna twitter karena mengomentari cuitan seseorang yang mengeluhkan warna kulit yang sawo matang.

"Kamu kurang bersyukur, itu aja si," balasnya sambil menampilkan bareface dengan vitiligo yang nampak dominan di wajahnya.

Cuitannya ini kini mendapat 8,5 retweet dan 18,7 likes. Sementara dari 632 komentar dipenuhi dengan penderita kelainan kulit yang serupa. Sisanya, warganet memuji keberanian Itang untuk tampil di publik.

Itang bersama temannya di tempat kerja. (Twitter.com/Tiawn7)<br>
Itang bersama temannya di tempat kerja. (Twitter.com/Tiawn7)

"Aku vitiligo plus skrng jadi jerawatan. Omongan orang jadiin motivasi buat bangkit bukan jadi down yuk semngat! Hidupmu lebih berharga daripada kata orng dewasa bukan milik mereka yg punya umur tua. Tapi milik mereka yg berfikir maju," cuitnya, Kamis (16/01/20).

Dia bercerita, ucapan orang lain memang jadi ujian tersendiri tapi dirinya bersyukur dengan apapun yang dipunya. Menjadi diri sendiri menjadi hal paling luar biasa yang dapat dilakukan sebagai manusia.

Itang pun mendapat dukungan positif dari pengidap lain, seperti yang ditunjukkan oleh Oka dengan akunnya @amanwholoves_. Oka memberikan komentar terhadap foto wajah Itang yang hampir seluruh wajahnya berwarna putih dengan cuitan: "Vitiligo! We're vitiligan! Two tone human."

Di cuitannya yang lain, Itang juga memberi saran bagaimana menutupi kekurangannya. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggunakan make up di tempat-tempat yang menuntutnya menjadi profesional.

Saat dikonfirmasi oleh Inibaru.id, Itang berharap agar publik nggak lagi memberikan stigma pada penderita vitiligo.

"Mengenai viti ini banyak orang yang nggak tau, vitilogo nggak pernah membahayakan siapapun, tapi membunuh mental penderitanya," kata Itang yang yang dihubungi lewat DM.

Wah salut banget dengan keberanian Itang dan Vitiligan lain yang nggak pantang menyerah ya, Millens! Kamu juga jangan turut melabeli penderita vitiligo dengan anggapan negatif ya! (MG26/E06)

Menyingkap Kebenaran Adanya Harta Karun di Rumah Kuno Peninggalan Belanda
Menyingkap Kebenaran Adanya Harta Karun di Rumah Kuno Peninggalan Belanda

Di Kota Semarang terdapat sebuah rumah kuno dengan arsitektur Belanda yang dipercaya menyimpan harta karun pasukan Prancis. Sudah banyak orang mencoba menemukan harta ini. Tapi sayangnya keberadaan harta ini masih menjadi tanda tanya.

https://www.inibaru.id/adventurial/menyingkap-kebenaran-adanya-harta-karun-di-rumah-kuno-peninggalan-belanda