Tries Supardi Berbagi Kesan dan Tips Pembuatan Film Dokumenter

Tries Supardi Berbagi Kesan dan Tips Pembuatan Film Dokumenter
Tries Supardi saat ditemui dalam pemutaran dan diskusi film Mencari Matahari. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Tries Supardy, sutradara sekaligus produser film-film dokumenter asal Semarang berbagi tips untuk produser fim dokumenter lain.

Inibaru.id - Tries Supardy yang ditemui dalam pemutaran film Mencari Matahari di Impala Space beberapa waktu lalu membeberkan kesan dalam proses pembuatan filmnya sekaligus berbagi tips untuk pembuatan film dokumenter. Dia mengaku, pembuatan film dokumenter akan membuatmu menemukan hal baru.

Proses pembuatan film dokumenter bisa bikin kamu tau sisi lain dari realita dari kehidupan bermasyarakat dengan lebih dalam lo, Millens! Dalam produksi Mencari Matahari, Tries mengaku menemukan hal baru tentang isu buruh migran yang menjadi tema dari film ini. “Pembuatan film dokumenter bisa membuat publik mengetahui fakta yang lebih dalam dan membuat kita lebih berkontribusi di isu ini,” kata Tries.

Sutradara dan produser film yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan ini mengaku bahwa isu buruh migran adalah isu yang tidak banyak disoroti oleh orang dalam hal film dan seni. Tentu ini bisa menjadi informasi dan kesegaran baru yang bisa menjadi diskusi bersama.

Tries Supardy saat mengisi diskusi film Mencari matahari di Impala Space, Jumat (26/4). (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Dia menyayangkan nggak banyak produser film dokumenter di Semarang. “Tak lebih dari 5 orang produser di Semarang, padahal film dokumenter ini bisa menjadi media untuk berdialog dan berdiskusi,” ungkap Tries.

Dalam produksi film dokumenter, Tries menyarankan agar produser film mengangkat isu yang dekat dan dipahami. Isu yang jauh akan membuat kesulitan di tengah jalan karena produser nggak memiliki pengetahuan lebih tentang isu yang sedah dia buat.

Tries yang berkarya di bawah bendera Segi Film ini setidaknya telah memproduksi lima film yang bertema advokasi dan edukasi. “Karundungan, Keping Puzzle, Mutiara Bangsa, Torakur, dan terbaru adalah Mencari Matahari,” kenang Tries yang menyebutkan film terdahulu sampai teranyarnya.

“Lakukan riset yang cukup, serta  keberpihakan dalam film yang bertema sosial kemasyarakatan itu perlu,” pungkasnya. Nah jadi gimana Millens? Tertarik untuk bikin film Dokumenter seperti Tries Supardy? (Zulfa Anisah/E05)