Titik Tujuh Kopi dan Rasa Terima Kasihnya Kepada Bumi

Titik Tujuh Kopi dan Rasa Terima Kasihnya Kepada Bumi
Sesi sharing session dalam acara #darikopiuntukbumi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Bisnis nggak melulu ngomongin soal cuan. Melalui bisnis yang digeluti, seseorang juga bisa tetap peduli terhadap lingkungan. Seperti yang saya saksikan di Kedai Kopi Titik Tujuh, Senin (13/1).

Inibaru.id -  Owner Kedai Kopi Titik Tujuh Rully Purba dan Aldi Brian Pratama menyelenggarakan sebuah acara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional dengan tajuk #darikopiuntukbumi.

Sebelumnya, mereka telah berkampanye sejak Jumat (10/1) dengan "mengiming-imingi" voucher potongan 10 persen untuk orang-orang yang bersedia berpartisipasi. Jadi kalau kamu mengumpulkan sampah daur ulang selama masa kampanye, kamu bisa dapat voucher. Asyik kan?

Acara ini sekaligus mengawali gerakan Kedai Kopi Titik Tujuh dalam kampanye lingkungan. Rully Purba mengungkapkan alasan sederhana membuat gerakan ini.

“Kita kan apa-apa dapatnya dari Bumi. Berarti kita juga harus ngasih feed back juga dong dengan Bumi,” ujar Rully saat mengisi sharing session.

Gerakan ini juga berisi edukasi untuk konsumen mengenai pentingnya menjaga lingkungan, Millens. Dalam undangan yang saya terima disebutkan bahwa mereka menerima donasi sampah yang dapat didaur ulang. Sayangnya, saya nggak sempat mempersiapkannya. Padahal hari itu adalah tanggal berakhirnya kampanye.

Eits, tapi jangan khawatir. Rully yang pernah bekerja di Sheraton Hotel ini juga mengatakan, bakal ada program selanjutnya yang juga berkaitan dengan lingkungan yaitu ecofunerath. Laki-laki ini mengatakan bahwa program lanjutan ini sebagai bukti keseriusan mereka memperhatikan lingkungan.

Rully Purba (kiri) dan Aldi Brian Pratama (tengah) sebagai pendiri Kedai Titik Tujuh Kopi. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Rully Purba (kiri) dan Aldi Brian Pratama (tengah) sebagai pendiri Kedai Titik Tujuh Kopi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Dalam menjalankan gerakan, Titik Tujuh Kopi juga dibantu Komunitas Sampah Muda. Nantinya mereka akan menjadi mitra untuk menyalurkan sampah para peserta. Bagi yang sudah menyalurkan sampahnya akan dapat reward berupa voucher diskon. Seru kan?

Kedai kopi yang terletak di Jalan Telaga Bodas 1 No. 7 ini didirikan oleh Rully Purba dan Aldi Brian Pratama. Nggak dinyana, kedai yang nyaman dan asyik ini dahulunya merupakan garasi. Hal yang bikin saya salut, Aldi dan Rully nggak cuma menjadikan kedai ini sebagai ladang cari uang tapi juga wadah untuk gerakan sosial.

“Yang jelas kami nggak hanya mendirikan tempat ngopi saja, tapi juga digunakan untuk gerakan sosial seperti gerakan #darikopiuntukbumi ini,” kata Aldi.

Yuk, ramaikan program selanjutnya, Millens. (Audrian F/E05)