Tips Komika Semarang Buatmu yang Ingin Menekuni Stand Up Comedy

Tips Komika Semarang Buatmu yang Ingin Menekuni <em>Stand Up Comedy</em>
Banni Datu, komika Semarang saat memberikan materi dalam workshop stand up comedy. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Buatmu yang suka melucu, nggak ada salahnya untuk coba open mic (penampilan stand up comedy di depan orang bayak). Selain hobimu melucu jadi tersalurkan, siapa tahu nanti kamu bisa terkenal seperti Pandji Pragiwaksono atau Dodit Mulyanto. Tapi sebelum open mic, ketahui beberapa tips dari komika lokal ini buat komika pemula berikut ini.

Inibaru.id - Stand Up Komedi adalah melakukan monolog lucu sambil berdiri di depan orang banyak. Dengan banyaknya acara stand up comedy yang ada di televisi, kamu pasti sudah nggak asing dengan genre komedi yang satu ini. Saat ini, stand up comedy sedang diminati banyak pemuda hingga orang tua terbukti dengan banyaknya komunitas yang ada di daerah.

Dalam acara Komedi Jelang Lebaran (Dilan) 2019 yang digelar di Universitas Diponegoro beberapa waktu lalu, beberapa komika diundang untuk memberikan materi untuk menjadi komika. Banni Datu, komika asli Semarang membagikan tips untuk komika pemula. Nah beberapa hal di bawah ini adalah tips yang dibagikan buatmu yang ingin menekuni dunia stand up comedy.

Menjadi Diri Sendiri

Materi yang dibagikan di atas panggung adalah materi yang datang dari keresahan pribadi. Keresahan ini adalah hal-hal yang dialami sehari-hari. Berusahalah jujur terhadap diri sendiri. Bisa jadi peristiwa yang tragis bagimu bisa membuat orang lain tertawa.

Rajin Menulis Materi

Jokes yang ditampilkan oleh seorang komika juga perlu ditulis dan disusun secara terorganisir agar bisa mengundang tawa penonton. Agar keresahan yang kamu rasakan juga nggak berlalu begitu saja, catatlah agar bisa jadi bekalmu saat di atas panggung. Oh iya, jangan lupa untuk menulis materi yang original ya!

Sering Open Mic

Learning by Doing sepertinya bukan isapan jempol belaka. Mencoba tampil dalam open mic bisa melatih kemampuanmu untuk melucu di depan orang lain. Mula-mula, kamu bisa mencoba melucu di depan teman-temanmu, hal tersebut juga bisa melatih kemampuanmu lo.

Jangan Menyerah

Setiap usaha pasti ada kegagalan di dalamnya. Seorang komika terkenal sekalipun pasti pernah mengalami momen ngebem atau nggak lucu sehingga nggak ada orang tertawa sama sekali. Tapi jangan langsung kecil hati dan menyerah, hal itu wajar terjadi kok, yang penting kamu terus mengasah kemampuanmu.

Nah itulah beberapa hal buatmu yang ingin nyemplung di dunia stand up comedy. Nggak perlu ragu buatmu yang merasa masih noob (pemula). Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas stand up comedy sebagai ajang berbagi dan belajar. Selamat mencoba! (Zulfa Anisah/E05)