Tiga Pasien Corona di Indonesia Sembuh, Ini Pesan yang Mereka Sampaikan

Tiga Pasien Corona di Indonesia Sembuh, Ini Pesan yang Mereka Sampaikan
Tiga pasien pengidap corona di Indonesia sembuh. (CNBC/Istimewa)

Obat yang bisa menyembuhkan corona (COVID-19) memang belum ditemukan. Namun bukan berarti penderitanya nggak bisa sembuh. Buktinya, tiga pasien positif corona di Indonesia dinyatakan pulih. Apa pesan yang mereka sampaikan kepada publik?

Inibaru.id – Hingga saat ini, terdapat sekitar 134 pasien corona (covid-19) di Indonesia. Akibat pandemi ini, 5 orang penderitanya dinyatakan meninggal dunia. Meski begitu, bukan berarti penderitanya nggak bisa sembuh. Pasien tersebut merupakan tiga kasus pertama di Indonesia yang membuktikan diri bahwa mereka dapat pulih kembali.

Ketiga pasien perempuan tersebut ditandai dengan identitas Kasus 01, Kasus 02 dan  Kasus 03. Dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (16/3), ketiganya menceritakan pengalaman mereka ketika menjalani pemulihan akibat corona.

Berikut adalah pesan yang disampaikan oleh ketiganya kepada publik.

Menjaga Privasi dan Menghargai Pasien

Menteri Kesehatan bersama tiga pasien corona yang sembuh. (Jambiindependent)
Menteri Kesehatan bersama tiga pasien corona yang sembuh. (Jambiindependent)

Pasien Kasus 01 berpesan agar semua pihak diminta untuk menjaga privasi dan menghargai pasien yang tengah terkena virus corona. Jangan sampai orang luar menghakimi pasien yang positif terserang dengan berbagai stigma negatif. Jika ini terjadi, pasien akan menjadi korban dua kali.

“Saya selama diisolasi, selama seminggu saya nangis terus,” kata pasien Kasus 01.

Dia mengaku menangis bukan karena dinyatakan positif corona, tapi tekanan batin yang dideritanya akibat identitasnya yang terungkap. Informasi yang simpang siur terkait dirinya juga beredar.

Apresiasi untuk Tenaga Kesehatan

Menteri Kesehatan (tengah) bersama tim dokter laporkan perkembangan terbaru pasien corona. (ANTARA FOTO-Indrianto Eko Suwarso-aww.)
Menteri Kesehatan (tengah) bersama tim dokter laporkan perkembangan terbaru pasien corona. (ANTARA FOTO-Indrianto Eko Suwarso-aww.)

Pemerintah bisa memberikan apresiasi sekaligus insentif pada pihak-pihak yang mau menjadi garda depan dalam menangani corona. Mereka yang terus bekerja nggak kenal lelah melayani pasien.

“Mereka juga mereka punya family, saya memohon perhatian untuk mereka, mereka luar biasa kerjanya," tutur pasien Kasus 02.

Jangan Panik

Illistrasi. (Jabar Ekspres)
Illistrasi. (Jabar Ekspres)

Pasien Kasus 01, 02, dan 03 meminta masyarakat untuk nggak panik dalam menghadapi virus corona. Kepanikan akan membuat sistem imun menjadi turun. Akibatnya, seseorang jadi rentan terkena virus, termasuk COVID-19. Mereka juga berharap agar masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

Jaga Pola Makan, Kebersihan, dan Istirahat Cukup

Konsumsi makanan sehat. (Hellosehat)<br>
Konsumsi makanan sehat. (Hellosehat)

Selama pandemi virus masih berlangsung, masyarakat harus menjaga pola makan yang baik, menjaga kebersihan, dan beristirahat cukup.

"Kalau kita diminta pembatasan sosial sementara, ya kita lakukan sebaik mungkin," tutur pasien Kasus 03.

Yuk kita belajar dari pesan-pesan survivor corona ini yuk, Millens! (Kom/MG26/E06)