Aries Susanti Rahayu, "Spiderwoman" Asal Grobogan

Aries Susanti Rahayu,
Aries Susanti Rahayu. (inews.id)

Berkat kecepatannya, atlet panjat tebing Indonesia ini mendapat julukan "Spiderwoman" dari para pencinta olahraga.

Inibaru.id – Aries Susanti Rahayu menyumbang medali emas untuk Indonesia dalam ajang Asian Games 2018. Atlet panjat tebing Indonesia itu berhasil menjadi yang tercepat dalam nomor speed putri yang diselenggarakan pada Kamis (23/8/2018) di Jakabaring Sport City, Palembang.

Torehan medali emas itu bukan yang pertama kali buat Ayu, begitu dia biasa disapa. Sebelumnya perempuan 23 tahun itu menyabet medali emas di pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China.

Kendati demikian, meraih medali emas di rumah sendiri ternyata jauh lebih menyenangkan bagi Ayu nih.

Ekspresi Ayu saat mengungguli lawannya di Asian Games 2018. (beritasatu.com)

“Meraih medali emas di rumah sendiri jauh lebih menyenangkan, apalagi nomor ini baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games,” tutur Ayu seperti ditulis bola.com Sabtu (25/8/2018).

Ayu menambahkan, medali emas pada Asian Games itu lebih bergengsi dibandingkan gelar di Kejuaraan Dunia yang dia raih lo.

Spiderwoman

Panjat tebing bukanlah hal baru bagi Ayu, Millens. Dia sudah berlatih panjat tebing sejak duduk di bangku SMP. Wah, pantas saja kemampuannya sekarang sudah nggak diragukan lagi.

Karena prestasinya, Ayu juga mendapat julukan Spiderwoman dari para pencinta olahraga lo. Julukan itu dia dapat setelah mengalahkan pemanjat asal Rusia, Elena Timofeeva pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China. Saat itu catatan waktu Ayu 7,51 detik.

Ayu setelah meraih medali emas di Asian Games 2018. (cnnindonesia.com)

“Saya terserah dengan yang kasih julukan saja. Menurut saya, julukan itu buat kami semua perempuan timnas panjat tebing Indonesia. Semua spiderwoman,” kata Ayu pada cnnindonesia.com (16/5/2018).

Untuk meraih semua prestasinya, perempuan asal Kabupaten Grobogan itu mengaku telah melewati rangkaian latihan yang keras. Materi latihannya bahkan sudah setingkat internasional.

Yap, hasil memang nggak bakal mengkhianati usaha. Terima kasih, Ayu. Indonesia bangga! (IB10/E05)