Siti Mahmudah, Srikandi Angkat Beban yang Harumkan Indonesia

Nama Siti Mahmudah menjadi semakin dikenal ketika dia meraih medali perak dalam kejuaraan European Open Championships 2018 di Perancis. Meski memiliki kekurangan, Siti nggak lantas menyerah. Atlet angkat beban itu berusaha keras untuk mengharumkan Indonesia.

Siti Mahmudah, Srikandi Angkat Beban yang Harumkan Indonesia
Siti Mahmudah. (Medcom.id)

Inibaru.id - Nama Indonesia kini makin dipertimbangkan dalam olahraga angkat beban. Pada kejuaraan European Open Championships 2018 yang digelar di Berck-sur-Mer, Perancis, Indonesia menyumbangkan dua medali emas Mei lalu. Wah, hebat ya!

Siti Mahmudah adalah salah seorang yang turut menyumbangkan medali emas tersebut.Yap, srikandi angkat beban itu telah mengharumkan nama Indonesia. Dalam pertandingan kelas 79 kg yang digelar pada Minggu (27/5/2018).

Idntimes.com (28/5/2018), menulis, Siti berhasil unggul dari empat orang pesaing lainnya dalam ajang tersebut. Dia tergabung dalam Grup A bersama Marion Serrano (Cile), Marcia C. Menezes (Brasil), dan Lyubov Semenyuk (Ukraina) serta Islomova dari Uzbekistan yang tergabung di dalam Grup B.

Siti juga mendominasi kompetisi sejak awal. Performanya di angkatan pertama seberat 115 kg langsung memastikan atlet berusia 28 tahun ini mendapatkan medali emas.

Marion Serrano, pesaing terdekat Siti, hanya mampu mengangkat 105 kg di angkatan terakhir meski angkatan tersebut merupakan rekor dunia junior. Nggak berpuas diri, Siti memperbaiki catatan angkanya dengan mengangkat 120 kg sehingga unggul 15 kg dari angkatan Serrano.

Namun, usaha Siti seberat 125 kg di angkatan terakhir nggak diloloskan oleh para juri. Kendati demikian, berkat kesuksesannya mengangkat beban seberat 120 kg, Siti pun berhasil mendapatkan medali emas di kategori 79 kg.

Angkatan 120 kg ini memiliki makna tersendiri bagi Siti karena memperbaiki rekornya terdahulu yaitu 116 kg di Paralimpiade 2016 dan ASEAN Para Games 2017. Pastinya perbaikan rekor ini menjadi modal berharga untuk menyiapkan diri sebelum bertanding di Asian Para Games 2018 di Jakarta pada Oktober mendatang.

Siti mulai menekuni olahraga angkat beban sejak 2008. Meski menyandang disabilitas, hal itu nggak membuat Siti mudah menyerah. Perempuan asal Grobogan, Jawa Tengah, itu yakin semua usaha kerasnya dapat membuahkan hasil yang manis, Millens.

Selain itu, Siti berharap agar kemenangannya ini dapat memberikan motivasi kepada atlet lain agar memberikan hasil terbaik.

Selamat, Siti Mahmudah! Semoga sukses ya di kejuaran-kejuaraan selanjutnya. (IB12/E05)