Semangat Lari Malam Bersama Komunitas Semarang Runners

Semangat Lari Malam Bersama Komunitas Semarang Runners
Komunitas Semarang Runners selalu menyempatkan foto bersama sebelum lari. (Inibaru.id/ Doc. Semarang Runners)

Kalau nggak sempat olahraga di pagi hari, kamu bisa kok ganti di malam hari. Nah, biar olahragamu makin seru, ikut saja Semarang Runners. Komunitas ini mewadahi orang-orang yang ingin berolaghraga malam dengan berlari mengelilingi Kota Semarang.

Inibaru.id - Memang nggak semua orang punya waktu untuk berolahraga di pagi hari. Tapi jangan sampai itu menjadi alasan kamu absen olahraga ya, Millens. Kamu bisa banget kok melatih tubuhmu di malam hari.

Seperti yang dilakukan oleh Semarang Runners ini. Komunitas ini fokus pada olahraga lari yang dilakukan pada malam hari. Kamu bisa ikut jadwal lari mereka yakni Playon Selasa Bengi (PSB), Playon Kamis Bengi (PKB), dan Playon Minggu Sore (PMS).

Semarang Runners adalah komunitas lari pertama di Semarang sebelum memecah menjadi banyak komunitas lari lainnya. Komunitas ini resmi didirikan pada 11 September 2013. Sekarang jumlah anggotanya ratusan, lo. Sayangnya nggak semua anggota aktif. Beberapa ada yang sudah nggak intens latihan hingga hanya menyisakan sekitar 40 orang di setiap kegiatan. Mereka ini berasal dari berbagai kalangan. Ada pekerja dari berbagai lini profesi, mahasiswa hingga siswa SD.

Pemanasan sebelum lari merupakan aspek yang nggak boleh dilewatkan.(Inibaru.id/ Doc. Semarang Runners)

“Soalnya lari pada malam hari merupakan waktu yang efektif ya, mengingat sebagian dari kami adalah pekerja yang mungkin nggak punya banyak waktu luang untuk berolahraga,” tutur Victorio, koordinator Semarang Runners sejak tahun 2015 ini. “Kami juga menyediakan edukasi mengenai kesehatan serta lari dengan cara yang baik, benar, dan aman. Maka meskipun di sini lari untuk fun, tapi tetap terkontrol,” tambahnya.

Setiap menempuh jarak lari minimal terukur sepanjang 5KM sampai yang terjauh 10KM. Rute pada setiap pertemuan pun berbeda-beda. Pada Selasa malam akan lari dengan rute Grapari – Sriwijaya – Mataram – Ahmad Yani – Simpang Lima (CP) – Grapari. Lalu pada Kamis dan Minggu rute bisa berubah-ubah, yang pasti memiliki jarak 5-10KM.

Buat kamu yang suka olahraga lari, Semarang Runners punya tips agar kegiatan larimu aman. Di antaranya, menggunakan sepatu khusus lari, baju berwarna cerah, melakukan pemanasan, dan lari secara terlihat atau melawan arus kendaraan di jalan.

Gimana, Millens, kamu tertarik gabung? (Audrian F/E05)