Sebelum Menikah, Coba deh Hitung Wetonmu dan Pasangan, Cocok Nggak?

Sebelum Menikah, Coba deh Hitung Wetonmu dan Pasangan, Cocok Nggak?
Menghitung kecocokan pasangan dengan Primbon Jawa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Millens, kamu hendak menikah? Coba deh hitung kecocokanmu dengan pasangan melalui Primbon Jawa berikut. Caranya mudah, kok. Yu, simak!

Inibaru.id - Menikah adalah momen penting dalam kehidupan seseorang. Karena itu, sebelum mantap membawa hubungan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang akan menimbangkan segala sesuatu. Salah satu yang biasanya dijadikan patokan adalah bibit, bebet, dan bobot pasangan. Hm, tapi kalau orang Jawa, indikator itu ditambah satu, yakni weton.

Meski zaman sudah serbadigital seperti saat ini, masih banyak lo masyarakat Jawa yang mempercayai kecocokan weton pasangan sebagai tolok ukur kebahagiaan pernikahan. Nggak jarang, sebelum menikah, mereka bakal menghitung weton diri dan pasangan dengan primbon tertentu.

Akun Twitter @mooncrimsonn beberapa waktu lalu membeberkan cara menghitung primbon jodoh menggunakan weton pasangan. Cara yang digunakan pun relatif simpel dan mudah. Yuk simak!

Cek Weton dari Hari Lahir

Mengecek weton berdasarkan tanggal lahir diri dan pasangan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mengecek weton berdasarkan tanggal lahir diri dan pasangan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hal pertama yang mesti kamu ketahui adalah wetonmu dan pasangan. Weton adalah sistem pasaran dalam kalender Jawa. Terdapat lima pasaran dalam kalender Jawa yakni Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Bila kamu nggak tahu wetonmu, ceklah hari lahirmu di situs daring ki-demang.com/almanak. Kamu tinggal memasukkan tanggal, bulan, dan tahun lahirmu serta pasangan ke dalam situs itu. Klik, dan keluar deh pasaran lahirmu. Cara membacanya adalah hari lahir dan pasaranmu. Misal, wetonmu adalah Senin Pon dan pasangan adalah Selasa Kliwon.

Hitung Jumlah Neptu Hari dan Pasaran

Menghitung jumlah neptu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Menghitung jumlah neptu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Setelah kamu tahu hari dan pasaran lahirmu, langkah selanjutnya adalah menghitung weton itu berdasarkan neptu. Tambahkanlah angka neptumu dengan neptu pasanganmu. Sebagai contoh wetonmu Senin Pon jadi 4+7= 11, sedangkan weton pasanganmu Selasa Kliwon 3+8=11. Dengan begitu, jumlah wetonmu dengan pasangan adalah 11+11= 22.

Berikut adalah daftar hari dan jumlah neptu yang perlu kamu tahu.

- Minggu, jumlah neptu 5.

- Senin, jumlah neptu 4.

- Selasa, jumlah neptu 3.

- Rabu, jumlah neptu 7.

- Kamis, jumlah neptu 8.

- Jumat, jumlah neptu 6.

- Sabtu, jumlah neptu 9.

Sementara itu, untuk pasaran, berikut adalah daftar jumlah neptunya.

- Legi, jumlah neptu 5.

- Pahing, jumlah neptu 9.

- Pon, jumlah neptu 7.

- Wage, jumlah neptu 4.

- Kliwon, jumlah neptu 8.

Cocokkan Total Wetonmu dan Pasangan dengan Tabel Primbon

Mencocokkan neptu, weton, dan hasilnya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mencocokkan neptu, weton, dan hasilnya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Setelah mendapat jumlah angka wetonmu dan pasangan, cocokkanlah dengan primbon. Tiap angka memiliki makna tersendiri. Misal jumlah weton kamu dan pasanganmu adalah 22. hal ini masuk kategori Topo yang bermakna di awal pernikahan mengalami kesulitan tapi akan mendapat kebahagiaan di akhir. Terdapat delapan kategori weton beserta maknanya seperti sebagai berikut.

Sujanan: Pasangan ini bakal mengalami pertengkaran dan perselingkungan dari satu atau dua belah pihak. Jumlah neptu Sujanan adalah 7, 16, 25, dan 34.

Pegat: Pasangan ini bakal mengalami banyak masalah dari sisi ekonomi, kekuasaan, atau perselingkuhan hingga mengakibatkan perceraian. Jumlah neptunya adalah 1, 10, 19, dan 28.

Ratu: Berbeda dengan dua kategori sebelumnya, pasangan ini berjodoh dan bakal disegani serta dihormati lingkungannya. Bahkan, diramalkan banyak orang yang iri dengan keharmonisan mereka. Duh, senangnya! Jumlah neptunya adalah 2, 11, 20, dan 29.

Jodoh: Sesuai dengan kategorinya, pasangan bakal berjodoh dan rukun hingga tua. Pasangan dapat menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jumlah neptunya adalah 3, 12, 21, dan 30.

Topo: Pasangan ini bakal menghadapi banyak kesulitan di awal tetapi akan mendapat kebahagiaan di akhir. Jumlah neptunya adalah 4, 13, 22, dan 31.

Tinari: Pasangan ini bakal dilingkupi kebahagiaan dan keberuntungan. Mereka akan mendapag rezeki berlebih dan nggak takut akan kurang. Jumlah neptunya adalah 5, 14, 23, dan 32.

Padu: Amarah pasangan ini bergejolak dan mudah berapi-api. Bakal banyak pertengkaran dalam rumah tangganya sekalipun dipicu hal sepele. Namun, rumah tangga ini nggak bakal bubar. Jumlah neptunya adalah 6, 15, 24, dan 33.

Pesthi: Pasangan ini termasuk pasangan harmonis sampai tua. Rumah tangganya adem ayem, rukun, dan tenteram. Jumlah neptunya adalah 8, 18, 27, dan 36,

Hayo, bagaimana hasil perhitungan wetonmu bersama pasangan, Millens? Perlu diingat ya kalau ini hanya sekadar ramalan. Kamu boleh percaya dan boleh nggak percaya dengan perhitungan ini. Semoga kamu dan pasangan berjodoh ya! (Hip/IB03/E07)