Salut! Indonesia Jawara Animasi Asia Pasifik

Di bidang animasi, anak muda kita bukan pupuk bawang di kancah internasional. Sering juara, dan yang terbaru di kancah Asia-Pasifik

Salut! Indonesia Jawara Animasi Asia Pasifik
Mahasiswa Indonesia yang menjuarai Asiagraph Reallusion Award 2017 di Taiwan pada 23-25 Agustus 2017. (Foto: edukasi.kompas.com )

Inibaru.id – Jangan pandang sebelah mata dunia animasi kita. Sudah banyak animator kita berjaya di kancah internasional. Yang masih hangat adalah kemenangan dalam lomba Asiagraph Reallusion Award 2017 di Taiwan pada 23-25 Agustus 2017.

Sebagai informasi, perlombaan ini adalah kerjasama dari Reallusion Inc. di Taiwan dan Asiagraph, organisasi di bidang pendidikan yang berfokus dalam pengembangan teknologi digital, industrial, dan tren budaya melalui animasi, permainan, publikasi media dan lain-lain. Asiagraph sudah dikenal luas sebagai organisasi yang beranggotakan para sarjana dan peneliti di bidang pendidikan, pemerintah, serta perusahaan yang bergerak di Industri kreatif di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: Dua Film Inspiratif Ini Raih Penghargaan di Hong Kong

Perlombaan Asiagraph Reallusion Award ini sudah ada sejak tahun 2013. Tak hanya diikuti oleh mahasiswa dari Indonesia, tercatat ikut pula mahasiswa dari Korsel, Jepang, Tiongkok, Australia, Thailand, Malaysia, dan Taiwan. Tahun ini, Indonesia diwakili oleh mahasiswa dari Universitas Surya dan Universitas Komputer (Unikom) Bandung.

Tim dari Universitas Surya mendapat juara pertama dalam kategori “Best Film CG” dan berhak atas hadiah US$ 10.000. Sementara itu, tim dari Unikom Bandung mendapatkan penghargaan dalam kategori ”Outstanding Work.”

Sebelum maju ke perlombaan tersebut, tim dari Universitas Surya dan Unikom Bandung harus melalui seleksi ketat di level nasional. Seleksi ini dilakukan di Universitas Tarumanegara pada 8-10 Mei 2017 lalu. Dari seleksi inilah tim Universitas Surya merebut juara pertama dengan mengalahkan tim Unikom Bandung yang berada di posisi kedua.

Baca juga: Biopic Wiji Thukul Berjaya di Festival Film Bulgaria

Sony Adi Purnomo, pembimbing dari tim Universitas Surya berharap kemenangan ini bisa semakin meningkatkan sumbar daya industri kreatif Tanah Air, khususnya di bidang film dan animasi.

“Pada era digital sekarang ini salah satu bidang yang terus bergerak cepat adalah animasi yang mulai digunakan untuk berbagai keperluan. Kemenangan ini membuktikan bahwa kemampuan Indonesia tidak kalah dari negara lain dan siap bersaing di kancah Internasional,” tutur Sony sebagaimana dikutip dari Kompas, Senin (11/09).

Sony melanjutkan bahwa daya saing di bidang industri kreatif tidak akan bisa lepas dari mindset selalu berpikir dengan kreatif agar bisa menciptakan karya yang berkualitas, berdaya saing tinggi, serta memiliki nilai tambah.(AW/SA)