Sahabat Netra Luncurkan Audiobook untuk Tunanetra

Sahabat Netra meluncurkan audiobook yang berisi kumpulan cerpen untuk penyandang tunanetra. Mereka patut diacungi jempol atas kepeduliannya terhadap penyandang disabilitas.

Sahabat Netra Luncurkan Audiobook untuk Tunanetra
Pengenalan Audiobook Sastra oleh Sahabat Netra (Tribunsolo.com/Imam Saputro).

Inibaru.id - Berbekal pengetahuan tentang sastra, sekumpulan mahasiswa membuat sebuah audiobook yang berisi kumpulan cerpen Makan Malam Bersama Dewi Gandari: Sehimpun Cerita karya sastrawati asal Solo, Indah.

Peluncuran audiobook ini sebagai upaya menghadirkan sastra bagi penyandang disabilitas, khususnya tunanetra. Siapakah mereka?

Sahabat Netra, sebuah komunitas bentukan empat mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang membuktikan kepeduliannya terhadap kaum penyandang disabilitas dengan meluncurkan audiobook bagi Sahabat Netra.

Baca juga:
Catatan 2017: Perempuan Tangguh di Balik Start-up Indonesia
Venny, Pahlawan Kepanduan Kita

Dilansir dari Tribunnews, Ketua Sahabat Netra, Widi Afanie mengatakan tidak bisa membayangkan manusia bisa hidup tanpa sastra. ini menjadi komitmen Widi dan teman-temannya untuk menghadirkan sastra bagi para siswa tunanetra.

“Ada sembilan cerpen yang ada dalam buku Makan Malam Bersama Dewi Gandari, kami memilih lima cerpen untuk dibuat ke dalam versi audiobook, para pengisi suara berasal dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS. Ilmu Komunikasi UNS punya banyak pengisi suara yang potensial, kami juga ingin mengeksplorasi itu," tambah Widi.

Widi dan teman-temannya berharap, audiobook ini bisa menjadi gerbang masuk para siswa tunanetra, untuk "membaca" karya-karya sastra yang lain. "Bahkan kami bermimpi suatu saat ada sastrawan tunanetra asal Indonesia," ungkapnya.

Baca juga:
Diadian Makunimau, Perawat Tangguh Pedalaman Pulau Alor
Penyandang Disabilitas Itu Menaklukkan Selat Madura

Sobat Millens bisa mengunduh audiobook Makan Malam Bersama Dewi Gandari secara bebas melalui laman m.soundcloud.com/user- 91484923.

Nah, Sahabat Netra bisa jadi inpirasi buat kamu, karena sebaik-baiknya manusia ya yang berguna untuk orang lain. Yuk mulai menunjukkan diri dalam kebaikan apa pun, Millens. (LAM/SA)