Rich Brian, Kebanggaan Indonesia yang Sukses di Amerika Serikat

Menjadi idola dunia di usia muda, nama Rich Brian tentu membanggakan Indonesia. Rapper muda itu bahkan sudah mengukir sederet prestasi dalam waktu singkat.

Rich Brian, Kebanggaan Indonesia yang Sukses di Amerika Serikat
Rich Brian di tengah penampilannya (id.bookmyshow.com)

 

Inibaru.id – “I done see you glow like dat. I must say that I’m proud.” Hayo, siapa yang diam-diam ikut menyanyikan potongan lirik lagu Rich Brian yang berjudul “Glow Like Dat” itu?

Yap, lagu-lagu penyanyi bernama asli Brian Immanuel itu memang easy listening. Nggak heran kalau dia sukses menembus pasar Amerika Serikat. Bahkan dia mencetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang menduduki posisi teratas iTunes untuk musik hip-hop. Wow!

Lagu pertamanya yang dirilis pada Februari 2016, “Dat $tick”, sudah ditonton oleh hampir seratus juta pengunjung di youtube lo.

Pria kelahiran Jakarta 18 tahun lalu itu sebelumnya memakai nama panggung Rich Chigga. Namun pada awal 2017 dia memutuskan untuk menggantinya menjadi Rich Brian. Tepat menjelang peluncuran albumnya yang berjudul Amen.

“Berada di Amerika Serikat menyadarkanku bahwa aku ingin berubah. Aku nggak pengin masuk ke dalam “kotak” atau dilihat dengan cara tertentu seperti misalnya aku seorang rapper Asia.” Kata Brian pada internasional.kompas.com (5/2/18).

Yap, kata “chigga” memang agak menyerempet ke SARA tuh, Millens. Itu juga yang membuat Brian memutuskan untuk mengubahnya.

Capai Banyak Prestasi

Tahu nggak, nama Brian termasuk dalam daftar tahunan 30 Forbes under 30 Asia 2018 lo. Ajang itu merupakan bentuk apresiasi Forbes terhadap anak muda di bawah usia 30 tahun yang gemilang dalam karir mereka dan berpengaruh bagi sekitarnya. Nah, Brian terpilih sebagai penyanyi hip-hop yang sukses menduduki puncak tangga lagu dunia seperti ditulis bussines.idntimes.com (27/3/18).

Sejak 2017 Brian memutuskan untuk pindah ke Los Angeles tuh. Di sana dia tergabung dalam label 88rising. Label itu dikenal menaungi rapper dan musisi terkenal seperti Keith Ape dan Joji lo.

Nama Rich Brian melejit di pasar Amerika Serikat (laweekly.com)

Pada 2017 pula, Brian menjalankan turnya ke kota-kota di Amerika Serikat. Tiket tur bertajuk “Come to My Party” itu bahkan ludes di setiap kotanya.

Puluhan juta penonton di youtube, memuncaki tangga lagu iTunes, bernaung ke perusahaan rekaman kenamaan, dan tiket konsernya selalu ludes terjual. Hm, Brian memang jadi kebanggaan Indonesia. Apalagi dengan mencapai semua itu dalam usia muda. Nah, kamu pengin jadi kebanggaan Indonesia juga kan, Millens? (IB10/E05)