BerandaInspirasi Indonesia
Rabu, 7 Des 2022 13:36

Penyanyi Semarang Kanina Ramaniya dan Project Solo yang Digarapnya

Penyanyi Semarang Kanina Ramaniya dan Project Solo yang Digarapnya

Kanina Ramaniya terlihat santai bergaya kasual berbalut kaus dan celana denim. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Sejak 2019, Kanina Ramaniya mantap menapakkan kedua kakinya sebagai penyanyi tunggal dengan menggarap project solo. Sebelumnya, penyanyi Semarang ini lebih dikenal sebagai vokalis grup band Foolish Commander.

Inibaru.id - Siapa pun agaknya sepakat mengatakan bahwa Semarang bukanlah "kota para pemusik" laiknya Ambon, Bandung, atau Surabaya. Namun, bukan berarti Ibu Kota Jawa Tengah ini sonder talenta berbakat; karena salah satunya ada Kanina Ramaniya, solois muda bersuara renyah yang kamu perlu tahu.

Di belantika musik Tanah Air, pelantun "Lament Song" ini memang bisa dibilang masih baru. Namun, bakat dan kualitasnya nggak kaleng-kaleng. Sejak memutuskan menjadi solois pada 2019 lalu, gadis kelahiran Ungaran, Kabupaten Semarang, 23 tahun silam tersebut begitu rajin menciptakan musik berkualitas.

Ditemui di sebuah kafe kopi di bilangan Banyumanik, Kota Semarang belum lama ini, gadis berambut sebahu ini mengaku hampir semua lagunya dia ciptakan sendiri. Sejak memutuskan menggarap project solo, Kanina, begitu dia suka dipanggil, bahkan telah menelurkan satu album berisi 10 lagu yang dia namai Ode to All Odds.

"Ode to All Odds jadi album solo perdanaku. 'Lust', 'Katrina', dan 'Lament Song' termasuk di dalamnya," kata perempuan yang sore itu terlihat kasual berbalut kaus hitam dan celana denim. Rambutnya yang bergelombang dia biarkan tergerai.

Oya, hampir seluruh lagu yang diciptakan Kanina berbahasa Inggris. Dia mengaku nggak punya alasan khusus kenapa membuatnya demikian. Namun, perempuan yang saat ini masih berkuliah di Universitas Diponegoro Semarang ini merasa lebih nyaman menyampaikan lagu dengan bahasa Inggris.

Lebih nyaman pakai Inggris saja. Bahasa Indonesia-ku nggak bagus-bagus amat," tuturnya diikuti gelak tawa ringan.

Berawal dari Ngeband

Potret Kanina Ramaniya sedang manggung di sebuah acara. (Dok. Kanina).
Potret Kanina Ramaniya sedang manggung di sebuah acara. (Dok. Kanina).

Setahun sebelum memutuskan menjadi penyanyi solo, Kanina lebih dulu dikenal para pencinta musik di Kota Lunpia sebagai vokalis grup band Foolish Commander. Dia mengatakan, band unik yang juga bermarkas di Kota ATLAS itulah yang membuat namanya dikenal luas.

"Foolish Commander itu punya citra musik yang unik. Kami menggabungkan genre musik rock dengan hiphop," ungkap perempuan yang mengaku suka mendengarkan semua genre musik tersebut. "Suka banget dengan band ini, tapi sekarang lagi ditinggalin (vakum)."

Sedikit informasi, Foolish Commander dibentuk pada 2017 oleh Kanina bersama Luthfi Adianto, rapper yang juga dikenal sebagai Cosmicburp, dan sang penggebuk drum Alditya Rafi. Mereka mulai dikenal publik setelah meluncurkan album pertama The Undying Recital pada penghujung 2018.

"Saat ini aku vakum di Foolish Commander karena masih banyak kesibukan dan ada proyek solo. Anggota yang lain juga sama, lagi sibuk kuliah dan project mereka masing-masing," jelas Kanina.

Dia menambahkan, hubungannya dengan anggota Foolish Commander hingga kini masih berjalan baik. Bahkan, Kanina mengungkapkan, di tengah kesibukan masing-masing, mereka masih menyempatkan membantu penggarapan album solonya.

"Pas aku kepikiran mau bikin project solo, mereka langsung memutuskan untuk membantu," aku Kanina. "Bersyukur banget!"

Dia mengaku sangat senang karena selama meniti karier di dunia musik, banyak sokongan dari sirkelnya, termasuk orang tuanya. Sejak kecil, gadis berkacamata ini mengaku sudah didorong untuk menjadi musikus.

"Aku sama kakak emang sudah diarahkan untuk jadi pemusik oleh ayah. Belajar alat musik dan nyanyi. Kalau pas makan di luar ada live music-nya, ayah sering ngedorong aku untuk tampil nyanyi," kenang dia.

Nggak hanya dari mereka, Kanina mengatakan, dirinya juga banyak didukung oleh sesama musikus lokal di Semarang. Hal itulah yang membuatnya merasa lebih ringan menjalani kehidupannya di dunia musik hingga sekarang.

"Aku banyak ketemu para musikus, orang-orang baru, jadi punya lebih banyak informasi untuk produksi dan live musik. Ini bentuk dukungan juga, sih," tandas musikus yang saat ini mengaku lebih condong memainkan genre musik rock tersebut.

Nah, untuk kamu yang pengin kenal lebih dekat dengan Kanina, boleh banget kepoin lagu-lagunya di pelbagai platform musik daring yang kamu punya. Semoga terhibur! (Fitroh Nurikhsan/E03)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved