Plastik Kulit Udang Ciptaan Yuke yang Ramah Lingkungan

Yuke Fadhlillah Kirana, siswi SMA yang karena kepeduliannya terhadap lingkungan membuat inovasi baru berupa plastik berbahan dasar kulit udang. Inovasinya ini patut diacungi jempol.

Plastik Kulit Udang Ciptaan Yuke yang Ramah Lingkungan
Yuke Fadhlillah Kirana (Kaskus.co.id)

Inibaru.id. – Millens tahu, data dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Indonesia adalah negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok.

Ini bisa jadi cerminan diri untuk masyarakat Indonesia agar lebih bijak menggunakan plastik. Selain itu, budaya peduli terhadap lingkungan harus sobat Millens jaga, dimulai dari diri sendiri. Kalau ini berjalan baik, Indonesia ditargetkan bebas dari sampah.

Nah, ini ada seorang siswi SMA yang bisa jadi inspirasi kamu, namanya Yuke Fadhlillah Kirana. Melihat fenomena sampah, hati Yuke tergerak untuk melakukan sesuatu.

Baca juga:
Geevv: Sudah Dapat Info, Kamu Beramal Pula
Maryetha Samay, Pejuang Pendidikan di Pedalaman Sui Utik

Pada saat program penelitian ilmiah di sekolahnya, Yuke membuat sebuah plastik berbahan dasar kulit udang yang ramah lingkungan. Plastik buatan Yuke berbeda dengan plastik biasa. Buatan Yuke bisa lebih cepat terurai di dalam tanah. 

Dilansir dari Detik.com, plastik berbahan dasar kulit udang dapat terurai di tanah humus setelah 46 hari, sedangkan di tanah merah bisa 60 hari terurainya. Produk Yuke masih membutuhkan beberapa penyempurnaan, terutama terkait ketahanannya terhadap air. Sejauh ini, kantong plastik tersebut baru bisa membawa makanan kering, dan saat diteliti di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), plastik tersebut mampu membawa delapan air mineral dalam kemasan sekaligus. 

Bahan produksi kantong plastik berasal dari limbah jadi harganya nggak mahal, dan bahannya Yuke dapatkan dengan mudah di pasar tradisional. 

Yuke merasa yakin produk ciptaannya bisa membantu program pemerintah dalam pengurangan produksi plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Selain membawa sendiri kantong belanja, Yuke menyarankan penggunaan produk plastik ramah lingkungan.

Baca juga:
Hafiza Elfira dan Motivasi Kreatif untuk Penderita Kusta
Sudiarto dan Hidro Socio di Tanah Sulit Air

Bagi Yuke upaya belanja tanpa plastik nggak bisa langsung menyelesaikan masalah, tapi bisa jadi titik acuan. Selanjutnya,Yuke masih mengembangkan plastiknya supaya tahan air.

Yuke keren ya Millens, tapi lebih keren lagi kalau kamu bisa mengelola sampah plastik dengan baik. Jangan buang sampah sembarangan ya. (LAM/SA)