Pecatur Indonesia Novendra Priasmoro Raih Gelar Grand Master di Liberec Open 2020

Pecatur Indonesia Novendra Priasmoro Raih Gelar Grand Master di Liberec Open 2020
Novendra Priasmoro (kiri) raih gelar Grand Master dalam turnamen Liberec Open 2020. (RRI)

Pada turnamen catur Liberec Open 2020, pecatur Indonesia Novendra Priasmoro mendapatkan gelar Grand Master. Prestasi ini menjadi angin segar setelah sebelumnya Susanto Megaranto mendapat gelar yang sama pada 2004 lalu.

Inibaru.id – Novendra Priasmoro mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional atas prestasinya meraih gelar Grand Master (GM) turnamen catur Liberec Open 2020. Kabar membanggakan ini datang setelah 16 tahun penantian. Pecatur indonesia yang terakhir kali mendapat gelar ini adalah Susanto Megaranto pada 2004 lalu.

"Akhirnya jadi GM juga setelah 4 kali nyaris tapi gagal terus. Dua kali gagal di Praha Open, sekali pada dwitarung Jakarta Open dan sekali di kejuaraan dunia junior tahun 2018 saat cuma butuh dua poin rating saja. Saat itu, rating saya sudah 2498," kata Novendra via WA sebagaimana dilansir ANTARA.

Turnamen catur yang digelar di Liberec, Rupublik Ceko pada Kamis malam waktu setempat tersebut dimenangkan Novendra pada babak ke-7. Dia mengalahkan IM Klaudia Kulon dari Polandia (2335 poin). Kemenangan diperoleh pada langkah ke-25 berkat pembukaan Serangan Timpowsky.

Novendra berjuang memperoleh gelar GM. (Percasi/Kristianus Liem)
Novendra berjuang memperoleh gelar GM. (Percasi/Kristianus Liem)

Poin yang diperoleh Novendra semakin meninggi hingga dirinya memimpin klasemen sementara dengan nilai sempurna yaitu 7 poin. Novendra yang awalnya memiliki elo rating sebesar 2493, atas kemenangan tersebut berhasil ketambahan poin rating sebesar 11 poin. Sehingga syarat poin rating untuk mencapai gelar GM sbesar 2500 akhirnya telampaui olehnya.

Prestasi ini mendapat apresiasi dari Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem yang bersyukur atas kemenangan Novendra yang dapat mencapat target.

"Selamat untuk Novendra yang diproyeksikan meraih GM dengan durasi tiga tahun semoga menjadi motivasi bagi pecatur muda Indonesia lainnya," ucap Kristianus Liem yang juga mendampingi pecatur Indonesia itu di Ceko.

Suasana Liberec Open 2020. (RRI)<br>
Suasana Liberec Open 2020. (RRI)

Selanjutnya, pecatur yang saat ini berusia 21 itu akan menjalani dua babak lagi (babak ke-8 dan babak ke-9). Untuk babak 8, Novendra harus menghadapi IM Akash (2449) asal India yang memenangkan Juara Praha Open 2020 pekan lalu. Target Novendra mendapat 1.5 poin dalam memastikan gelar juara.

Gelar GM yang didapatkan Novendra ini merupakan gelar ke-8 bagi pecatur Indonesia. Merunut rekam jejak catur di Tanah Air, pecatur  yang pernah mendapat gelar GM adalah Herman Suridiradja, Ardiansyah, Utut Adianto, Edhi Handoko, Cerdas Barus, serta Ruben Gunawan.

Wah, selama untuk Novendra! Semoga prestasinya dapat memacu semangat pecatur Indonesia lainnya ya, Millens!  (Ant/MG26/E06)

Tags :