Salut! Pecatur Cilik Samantha Edithso Sabet Juara Se-Asia

Salut! Pecatur Cilik Samantha Edithso Sabet Juara Se-Asia
Samantha Edithso. (playworld.id)

Kecil-kecil cabe rawit. Meski masih berusia 10 tahun, Samantha Edithso telah memenangkan FIDE World Championship 2018 U-10 pada Juni lalu. Dia mengukuhkan diri sebagai juara catur nomor satu se-Asia.

Inibaru.id – Samantha Edithso, seorang bocah berusia 10 tahun yang berhasil meraih juara utama dalam ajang FIDE World Championship 2018 U-10. Dari sembilan partai catur yang ada, Samantha berhasil mengumpulkan 8,5 poin di Mins, Balarusia pada akhir Juni lalu.

Samantha hanya imbang atau remis satu kali saat melawan pecatur Uzbekistan, Afruza Khamdamoba, pada pertandingan ketiga. Bisa dibilang, Afruza adalah lawan terberatnya saat itu. Sebab, Afruza bergelar WCM dan merupakan juara FIDE World School Chess Championship 2017.

Atas pencapaiannya itu, Samantha pun diundang Menpora Imam Nahrawi ke kantornya untuk diberikan apresiasi. Di sana, Samantha juga bercerita mengapa dia menyukai olahraga catur hingga akhirnya bisa menjadi juara dunia.

Berawal dari Iseng

“Pertama kali cuma iseng-iseng saja ikut eskul di sekolah. Saya kenal catur waktu di SD Santa Ursula, nah pilih catur ceritanya kan waktu itu kita harus pilih tiga eskul, saya pilihlah paduan suara dan menggambar. Masih kurang satu, hari Senin saya jadwalnya kosong dan di hari Senin cuma ada futsal sama catur, jadinya saya pilih catur,” cerita Samantha, seperti ditulis Tribunnews.com, Selasa (14/8/2018).

Nggak disangka, Samantha memiliki bakat catur. Ayah Samantha pun langsung memberikan program latihan dengan pelatih khusus.  Bahkan, di usianya yang masih belia, Samantha pernah menyabet beberapa prestasi di antaranya kejuaraan nasional dan hingga kini menjadi andalan utama PB Percasi.

Gadis cilik kelahiran 2008 ini sebelumnya juga berhasil meraih mendali emas pada Kejuaraan Antar Pelajar Asia ke-13 di Tiongkok pada Juli 2017 lalu. Di tahun yang sama, Samantha bahkan berani bermain empat tingkat di atas kelompok umurnya di kejuaraan antarpelajar di kelompok U-17. Wah!

Berdasarkan situs chess-db.com, Samantha saat ini berada di peringkat ke-5 dunia untuk kategori U-10. Untuk level Asia, dia bahkan berada di posisi pertama.

Dari beberapa hasil capaiannya, Samantha membuktikan kalau di umur yang masih sangat muda, dia mampu berprestasi dan membawa nama bangsa di kancah dunia. Samantha juga telah memantapkan diri untuk terus mengejar mimpinya, yaitu ingin menjadi Grandmaster termuda di dunia.

Wah, semangat terus ya untuk Samantha. Sobat Millens juga harus semangat mengejar impian ya! (IB07/E05)