Meski Penting, Jangan Keseringan Memakai Hand Sanitizer, Ini Dampaknya

Meski Penting, Jangan Keseringan Memakai Hand Sanitizer, Ini Dampaknya
Ilustrasi menggunakan hand sanitizer. (Healthline)

Penggunaan hand sanitizer ditengah wabah corona seperti ini memang dianjurkan. Namun, jika terlalu sering, ya Millens. Dampaknya bagi kesehatan nggak baik, lo.

Inibaru.id - Membersihkan tangan dengan hand sanitizer menjadi alternatif untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Hand sanitizer bisa dipakai saat nggak ada air atau sabun untuk mencuci tangan. Hal ini tentu membuatnya lebih praktis untuk dipakai. Hanya, sebaiknya kamu nggak sering menggunakannya, ya? Dampaknya ternyata kurang baik bagi kesehatan, lo.

Berikut adalah dampak kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika terlalu sering memakai hand sanitizer. Yuk simak.

Mengganggu Keseimbangan Mikroba Alami Tubuh

Ilustrasi. (Anglerfish)
Ilustrasi. (Anglerfish)

Dampak pertama yang akan kamu dapatkan jika terlalu sering menggunakan hand sanitizer adalah rusaknya keseimbangan mikroba alami di telapak tangan.

Nggak semua mikroba itu jahat. Bahkan, banyak mikroba yang bisa memberikan perlindungan dari bibit penyakit seperti kuman, virus, atau bakteri. Karena alasan inilah sebaiknya kamu menggunakan hand sanitizer seperlunya saja. Jangan berlebihan.

Membuat Bakteri Jahat Jadi Lebih Kuat

Ilustrasi bakteri. (Nuemedicalsolutions)
Ilustrasi bakteri. (Nuemedicalsolutions)

Menurut Dokter Penyakit Dalam Seema Sarin dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pembersih tangan dengan bahan antibakteri bisa berkontribusi pada berkembangnya bakteri jahat yang kebal antibiotik.

Menurutnya, patogen ini mampu beradaptasi dan mengembangkan kemampuan untuk melawan bahan kimia yang seharusnya bisa membunuh patogen-patogen tersebut. Jika hal ini terjadi, tentu akan membuat bakteri akhirnya kebal dan menyebabkan datangnya penyakit.

Membuat Tangan jadi Kering

Ilustrasi tangan kering. (EnkiVeryWell)
Ilustrasi tangan kering. (EnkiVeryWell)

Jika kamu pernah mengalami masalah tangan kering karena terlalu sering menggunakan hand sanitizer, hal ini wajar terjadi. Penyebabnya adalah kandungan alkohol yang memang bisa memicu kulit kering.

Melihat fakta ini, sebaiknya kamu juga memakai pelembap kulit agar kulit nggak terlalu kering meski beberapa kali menggunakan hand sanitizer.

Memicu Iritasi

Ilustrasi. (Pixabay/ MartinSlavoljubovski)
Ilustrasi. (Pixabay/ MartinSlavoljubovski)

Hand sanitizer sangat nggak dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebab, kandungan alkohol di dalamnya dapat menimbulkan gejala gatal, panas, dan kering. Jangan menggunakan hand sanitizer pada area tubuh selain tangan seperti mata, mulut, telinga, hidung, dan daerah genital.

Jauhkan hand sanitizer dari kulit bayi dan balita ya Millens, sebab kulit bayi dan balita lebih rentan terkena iritasi.

Keracunan Alkohol

Ilustrasi alkohol. (npr.org)
Ilustrasi alkohol. (npr.org)

Terkadang, kamu tanpa sengaja menghirup aroma hand sanitizer. Meski aromanya enak, bisa jadi hal ini bisa menyebabkan keracunan aklkohol. Kondisi ini rentan terjadi pada anak-anak.

Melihat fakta ini, sebaiknya kamu lebih sering menggunakan sabun dan air saja untuk membersihkan tangan. Hand sanitizer dipakai jika sudah nggak ada air dan sabun saja, ya Millens. (Oke/IB24/E07)