Merengkuh Jarak Bersama Pelari Kebanggaan Indonesia, Triyaningsih

Merengkuh Jarak Bersama Pelari Kebanggaan Indonesia, Triyaningsih
Triyaningsih. (run4pelita.wordpress.com)

Menjelang Asian Games 2018 pastinya kita perlu tahu atlet yang mewakili Indonesia di nomor maraton. Sudah tahu Ratu Maraton dari Indonesia? Dia adalah Triyaningsih.

Inibaru.id –  Dia dijuluki Ratu Maraton Asia Tenggara atau Ratu Jalan Raya. Namanya Triyaningsih. Dia merupakan atlet pelari di tiga nomor, yaitu 5000 m, 10.000 m, dan Marathon (42,195 km).

Kemampuannya Triyaningsih sudah nggak perlu diragukan lagi, Millens. Dia sudah menyabet 11 medali emas dalam SEA Games tahun 2007 hingga 2017. Jadi nggak heran deh kalau Triyaningsih cukup disegani di kawasan Asia Tenggara. Ditambah lagi dengan status rekor nasional dan Asia Tenggara yang dipegangnya.

Triyaningsih. (tirto.id)

Di balik kesuksesannya yang gemilang, terselip kisah-kisah sedih, lo. Perempuan kelahiran Semarang ini sempat batal mengikuti Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Hal ini terjadi lantaran Triyaningsih masih dalam proses penyembuhan akibat cedera di telapak kakinya. Selain itu dia mendapat cedera betis sepulangnya dari Jakarta Marathon yang digelar Oktober 2015.

Tapi, hambatan-hambatan tersebut nggak menghalanginya mengejar impian terbesarnya. "Kalau soal impian, saya berharap suatu saat nanti bisa masuk ke posisi tiga besar di dunia, untuk event tertinggi olahraga, yaitu Olimpdiade. Namanya impian tentu dong apa saja, dan saya berharap suatu saat nanti bisa mencapai posisi tersebut," ujar atlet berusia 31 tahun itu seperti ditulis bola.com (5/8/2017).

Siap Hadapi Asian Games 2018

Meskipun cuma turun di nomor maraton putri saat Asian Games 2018, Triyaningsih melakukan berbagai persiapan. Dia bahkan menjalani tryout lari di luar negeri. Dia tetap waspada tapi nggak terpaku dengan para pesaing karena hasil akhir nggak bisa diprediksi.

Triyaningsih meraih medali emas dalam lomba Lari Maraton PON XIX di Jalan Eddy Yoso, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. (tirto.id)

Pelari dari Kenya dan Tiongkok diakuinya sebagai lawan yang berat. Bahkan Triyaningsih nggak memasang target muluk-muluk di ajang olahraga yang diselenggarakan tiap empat tahun sekali ini kok. Dia hanya ingin mempersembahkan yang terbaik.

Wah, keren banget ya sosok yang satu ini. Yuk kasih semangat buat Sang Ratu Maraton ini di Asian Games 2018. (MG13/E05)