Membanggakan! Karya Penemu Indonesia Ini Diakui Dunia Internasional

Masih bilang kita tertinggal di bidang teknologi? Kita punya banyak anak muda pencipta kelas dunia.

Membanggakan! Karya Penemu Indonesia Ini Diakui Dunia Internasional
Dr. Khoirul Anwar, penemu 4G LTE. (Foto: buko-moto.blogspot.co.id)

Inibaru.id - Banyak orang yang menganggap sumber daya manusia beserta perkembangan teknologi di Indonesia masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain. Kendati demikian, statement ternyata tidak seratus persen benar. Karena realitanya menunjukkan bahwa tak sedikit anak bangsa yang mampu bersaing dengan negara lain. Kemampuan bersaing dengan negara lain dapat dilihat dari berbagai penemuan dari anak bangsa yang bahkan sudah diakui oleh dunia internasional. Siapa sajakah mereka? Berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Keren! Gadis Ini Berhasil Membuat Balsem Dari Jahe

Baca juga: Inspiratif! 3 Anak Negeri Ini Berhasil Sukses Di Luar Negeri

Baca juga: Beginilah Giroskop Militer Dari Serat Optik Buatan Anak Indonesia

Warsito P Taruno

Nama Warsito cukup harum di media sosial dalam beberapa tahun terakhir. Itu lantaran hasil karyanya yang mampu membunuh sel kanker. Warsito berhasil memadukan teknologi berbasis energi rendah dengan terapi kanker menjadi sebuah alat yang secara efektif memerangi salah satu penyakit paling mematikan di seluruh dunia ini. Setelah berhasil diujicobakan di Lab in Vitri, peralatannya pun laris manis di berbagai negara seperti Jepang.

Dr Khoirul Anwar

Tahukah anda jika teknologi broadband mobile 4G LTE ternyata adalah pengembangan dari teknologi broadband hasil ciptaan orang Indonesia bernama Dr Khoirul Anwar? Karena kemampuannya, Ia kini dianggap sebagai salah satu peneliti terhebat yang ada di Jepang.

Randall Hartolaksono

Lulusan University of London, Inggris ini berhasil menemukan bahan anti api dan anti panas dari kulit singkong. Meskipun pada saat awal penelitiannya dianggap sebagai hal yang mustahil untuk diciptakan, kini hasil penemuannya justru digunakan oleh perusahaan raksasa dunia layaknya Ford dan Petronas.

Muhammad Nurhuda

Pria yang masih menjabat sebagai dosen di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang ini dikenal luas karena mampu menciptakan kompor ramah lingkungan. Kompor ciptaannya mengeluarkan emisi gas yang jauh di bawah ambang batas yang ditentukan oleh Badan Kesehatan Dunia, WHO. Karena kelebihan inilah kompor buatannya pun banyak dipesan oleh berbagai negara seperti Norwegia, Peru, Meksiko, India, Timor Leste, Kamboja, dan beberapa negara di Afrika.

Yogi Ahmad Erlangga

Yogi Ahad Erlangga memegang status sebagai doktor matematika terapan paling muda di Dunia. Ia berhasil mendapatkan status tersebut tatkala meraih gelar doktor di Universitas Teknolgi Delft, Belanda, saat usianya masih 31 tahun! Tak hanya dikenal sebagai dokter matematika terapan, Yogi ternyata juga telah memecahkan banyak sekali permasalahan penggunaan minyak dengan menggunakan terapan rumus matematika. Karena kemampuannya, Yogi pun kemudian dilirik oleh perusahaan minyak raksasa Shell. (AW/SA)