Lika-liku Perjalanan Hidup Ali Muharam Owner Makaroni Ngehe
Ali Muharam owner Makaroni Ngehe. (Kompas.com)

Lika-liku Perjalanan Hidup Ali Muharam Owner Makaroni Ngehe

Perjalanan hidup Ali Muharam dalam mencari pekerjaan begitu berliku. Dari seorang yang bukan siapa-siapa kini Ali berubah menjadi enterpreneur muda sukses. Bagaimana kisah selengkapnya?

Inibaru.id – Di balik suksesnya Makaroni Ngehe, ada sederet kisah pilu dari si owner yang bernama Ali Muharam. Pemuda asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini sempat jatuh bangun dalam mencari pekerjaan hingga akhirnya sukses berbisnis makaroni.

Melansir Kompas.com (24/08/2017), Ali berujar “Ngehe itu dari perjalanan hidup saya yang ngehe banget.” Ali memiliki keinginan mencari penghidupan yang lebih layak di Jakarta. Akhirnya dengan tekad yang kuat dia pun memutuskan untuk merantau ke ibu kota.

Sebelum sukses seperti sekarang, dia pernah melakoni berbagai macam pekerjaan seperti pedagang sandal, office boy, penjaga kantin, menjaga toko baju, penulis skenario, chef restoran Jepang, penerjemah orang Sri Lanka, dan bekerja di event organizer.

Dari rentetan perjalanan karir Ali yang berliku, akhirnya pada 2012 dirinya memberanikan diri untuk memulai usaha baru. Dia meminjam modal kepada temannya sebesar Rp 20 juta untuk membuka usaha makaroni. Inspirasi usaha itu datang dari sang ibu yang sering membuat cemilan makaroni ketika lebaran.

Kemasan Makaroni Ngehe. (Harga.top)

Dengan modal itu dia mencari tempat untuk memulai usaha Makaroni Ngehe di Jakarta, dan mendapatkan lokasi di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang dia kontrak secara bulanan. Dari hanya menggunakan gerobak, bisnis itu pun berkembang menjadi sebuah toko kecil berukuran 2x3,5 meter.

Dengan tekun dia menjalankan sendiri usahanya, mulai dari membeli bahan baku, memasak, hingga membersihkan tempat selepas toko tutup.  Kerja kerasnya berbuah manis, kini Ali sudah mampu menghasilkan omzet per hari sebesar Rp 3-4 juta tiap outlet.

Melansir Bintang.com (09/09/2016), Makaroni Ngehe sudah memiliki 21 outlet yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, dan akan membuka cabang baru yang diberi nama Makaroni Ngehe Premium yang dibuka di mall atau pusat perbelanjaan di Jakarta dan Yogyakarta. 

Karyawan Ali melayani pelanggan di salah satu outlet Makaroni Ngehe. (Kompas.com)

Itulah kisah perjalanan hidup Ali Muharam si Juragan Makaroni Ngehe. Semangatnya untuk bangkit setelah beberapa kali gagal dalam pekerjaan patut diacungi jempol. Semoga kisah hidupnya yang ngehe usai sudah dengan bisnis Makaroni Ngehe ini ya. (IB13/E05)