Lewat Apel, Deddy PAW Tuturkan Nilai-Nilai Kemanusian dalam Karyanya

Lewat Apel, Deddy PAW Tuturkan Nilai-Nilai Kemanusian dalam Karyanya
Deddy PAW dan apelnya. (Menpoweresia.blogspot)

Deddy PAW merupakan salah satu pelukis kebanggaan Magelang. Lewat karya-karyanya yang bertemakan apel, Deddy turut mengembangkan dunia seni Indonesia. Dengan sejumlah prestasi yang diraihnya, rasanya belum puas kalau belum mengulik langsung rahasianya memilih buah bulat ini.

Inibaru.id – Bicara tentang perkembangan kesenian di Kabupaten Magelang, nama Deddy PAW mungkin nggak asing lagi didengar. Yap, seniman yang lahir pada 18 Oktober 1963 ini memang menjadi salah satu nama yang berkontribusi besar mengembangkan kesenian di sana.

Menempuh pendidikan di prodi Seni Lukis Institut Kesenian Jakarta, Deddy berkarier sebagai wartawan seni di Media Indonesia. Sejak 1989, dirinya kemudian diangkat menjadi redaktur seni hingga sekarang. Sembari menjadi wartawan, Deddy nggak lupa menelurkan karya-karya baru. Sejak 2003, dia memutuskan membuat karya bertema “apel enigmatis”. Pemilihan tema ini tentu nggak sembarangan, Millens.

Deddy memilih apel lantaran buah ini dianggap mampu menjadi simbol nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai ini meliputi cinta, kasih sayang, kenikmatan, perdamaian, hingga harapan. Nggak melulu nilai-nilai tentang kebaikan, lelaki ini juga memandang apel bisa menjadi simbol nilai-nilai keburukan. Lantaran filosofi inilah, salah satu lukisannya pernah dibeli perusahaan Apple dengan harga yang tinggi.

Sepanjang kariernya sebagai seniman, Deddy telah ikut pelbagai pameran di dalam maupun luar negeri. Nggak hanya itu, dirinya pun telah menggelar pameran tunggal sebanyak delapan kali. Karya-karyanya diganjar puluhan penghargaan yang membuatnya layak menjadi salah satu seniman kebanggaan Indonesia.

Jika kamu punya renjana di bidang melukis seperti Deddy, jangan takut untuk terus menggali potensimu ya, Millens. Dengan terus berlatih dan nggak ragu ikutan kompetisi, kamu bakal bisa mengembangkan bakat dan memperbanyak prestasi. Jadi, tingkatkan terus usaha dan semangatmu ya. (IB15/E03)