Lestari Moerdijat: Masyarakat Harus Ada di Garda Terdepan Melawan Covid-19

Lestari Moerdijat: Masyarakat Harus Ada di Garda
Terdepan Melawan Covid-19
Lestari Moerdijat. (Inibaru.id)

Masa transisi menuju normalisasi pascapandemi corona mulai jadi wacana. Sejumlah kota bahkan memulai fase menuju new normal tersebut. Namun, betulkah semua sudah siap? Begini kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat! 

Inibaru.id – Menjadi garda terdepan dalam penanggulangan virus corona harusnya bukanlah semata kewajiban tenaga medis, pemerintah, atau bahkan pihak kepolisian. Seluruh lapisan masyarakat harusnya berperan aktif menekan penyebaran virus yang menyerang saluran pernapasan itu.

Hal tersebut seperti disampaikan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Perempuan yang akrab disapa Rerie itu menegaskan, masyarakat bisa jadi garda terdepan penanggulangan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dalam tiap aktivitas mereka.

Penegasan itu disampaikannya dalam menyikapi hari pertama pembukaan  perkantoran dan rumah makan, serta peningkatan aktivitas masyarakat di DKI Jakarta setelah dimulainya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi akhir pekan lalu.

“Peningkatan aktivitas di ruang publik harusnya diikuti dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan," tutur Rerie dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/6/2020).

Namun, Rerie menambahkan, pada praktiknya, pascpengumuman transisi PSBB di Jakarta, terjadi penumpukan penumpang di sejumlah stasiun keberangkatan commuter line. Di antara mereka bahkan banyak yang nggak mematuhi protokol kesehatan sehingga menimbulkan antrean.

"Kalau begitu, potensi penularan juga semakin tinggi," terangnya.

Rerie menambahkan, dengan pendekatan yang humanis dan intensif, petugas penegakan disiplin harus segera memberikan pemahaman ke masyarakat agar mereka taat melaksanakan protokol kesehatan di area publik.

"New normal itu bukan berarti kita kembali normal, tapi lebih pada penerapan kebiasaan baru," kata dia, yang juga menekankan pentingnya menjadikan kebiasaan new normal sebagai budaya tersebut.

Pada masa PSBB transisi di DKI Jakarta, seharusnya pemerintah daerah bisa memastikan warga yang beraktivitas di ruang publik sudah menjalani test swab dengan hasil negatif. Teknis pelaksanaan bisa dilakukan dengan kerja sama sejumlah pihak

“Ini biar jumlah masyarakat yang ter-cover tes swab meningkat,” terangnya.

Lebih jauh, legislator Nasdem tersebut berharap, sudah sewajarnya pihak perusahaan juga memberi fasilitas tes swab untuk memastikan para karyawannya bersih dari paparan Covid-19.

“Setidaknya, ini mengurangi kekhawatiran karyawan sebagai pembawa virus,” tandas Rerie.

Hm, masuk akal sih! Memang sudah sewajarnya kalau new normal ini disokong bareng-bareng, ya, Millens! (IB20/E03)