Lebih Dekat dengan Winda Utami, Juru Bahasa Isyarat yang Sedang Viral

Lebih Dekat dengan Winda Utami, Juru Bahasa Isyarat yang Sedang Viral
Winda Utami merupakan juru bahasa isyarat yang sudah sering muncul di berbagai acara televisi nasional. (Instagram/wind.utami)

Foto dan video Winda Utami yang sedang membawakan bahasa isyarat dengan sangat energetik viral di media sosial. Seolah turut berjoget ria, gaya Winda yang asyik menarik perhatian netizen.

Inibaru.id – Foto dan video Winda Utami mendadak viral di media sosial sejak 17 Agustus 2022. Perempuan yang berprofesi sebagai juru bahasa isyarat (JBI) itu mencuri perhatian warganet karena melakukan tugasnya dengan sepenuh hati dan sangat energetik.

Aksinya tersebut otomatis membuat dia terlihat sedang turut berjoget menikmati lagu Ojo Dibandingke yang dinyanyikan Farel Prayoga pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Negara.

Sering muncul di FYP Tiktok dan beranda Instagram, membuat banyak orang kepo dan pengin kenal lebih dekat dengan perempuan berjilbab ini. Nah, jika kamu juga penasaran siapa juru bahasa isyarat tersebut, simak profilnya berikut ini! 

Winda Utami bukanlah sosok kaleng-kaleng, Millens. Dia sudah berkali-kali menjadi JBI di acara televisi yang disiarkan CNN, Trans 7, ANTV, Indosiar, hingga Kompas TV. Bahkan, anggota Lembaga Indonesia Sign Language Interpreter (INASLI) ini juga dilibatkan dalam acara G20 Indonesia.

Dia juga menjadi JBI saat acara debat Capres-Cawapres pada Pilpres 2014 dan konser band GIGI serta Maliq & D’Essentials. CV-nya pasti keren banget, ya?

Ketegangan Hilang saat Mendengar Lagu 'Ojo Dibandingke'

Musik campursari sudah nggak asing di telinganya karena dia lama kuliah di Surakarta. (Instagram/wind.utami)
Musik campursari sudah nggak asing di telinganya karena dia lama kuliah di Surakarta. (Instagram/wind.utami)

Meski sudah berpengalaman, bukan berarti Winda nggak tegang saat menjadi JBI untuk acara Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Negara. Maklum, acara ini disiarkan live ke seluruh Indonesia sehingga sebisa mungkin minim kesalahan.

“Semua momentum (di Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77) berkesan, dan tegang juga. Tapi yang paling berkesan tentu saat akhirnya saya dengar lagu campursari koplo. Langsung rileks,” cerita Winda, Rabu (17/8/2022) malam.

Sebagai lulusan Jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tahun 2014, musik campursari tentunya nggak asing di telinganya. Di kota tersebut, musik campursari sering didendangkan di berbagai acara. Selain itu, dia mengaku sering mendengarkan lagu dengan genre tersebut selama bekerja.

“Sehari-hari saya sering mendengarkan campursari koplo,” ungkapnya.

Meski hanya Winda yang viral, sebenarnya dia nggak menjadi JBI di acara tersebut sendirian. Bersama rekan-rekannya, mereka bekerja bergantian setiap 30 menit. Mereka mendapatkan tempat khusus untuk mempersiapkan diri dan beristirahat di Istana Negara.

Sebelum acara tersebut, Winda juga sudah melakukan gladi bersih sejak Sabtu (13/8). Berkat persiapan yang matang ditambah pengalaman kerja yang nggak sedikti, pantas saja Winda menjalankan tugasnya dengan baik pada acara Upacara HUT Kemerdekaan RI Rabu lalu.

Ke-viral-an Winda Utami secara nggak langsung membuat profesi JBI diperhatikan orang-orang nih, Millens. Nggak cuma itu, banyak juga yang mulai pengin belajar bahasa isyarat agar bisa berkomunikasi dengan para teman tuli. (Gri/IB09/E10)