Kreatif dan Produktif Selama Karantina Diri? Itu Sudah Pasti!

Kreatif dan Produktif Selama Karantina Diri? Itu Sudah Pasti!
Berkebun di rumah biar lebih produktif. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Rentang waktu orang karantina diri selama pandemi berbeda-beda. Tapi ada satu hal yang sama dirasakan oleh sebagian besar orang yaitu banyaknya waktu luang. Nah, ada segelintir orang yang justru lebih produktif selama masa karantina. Yuk simak ceritanya!

Inibaru.id - Sejak ada pandemi Covid-19, masyarakat harus karantina diri di rumah. Ada yang bosan, ada pula yang justru merasa lebih banyak waktu luang yang dimiliki. Alhasil, bisa membuat orang jadi termotivasi untuk lebih produktif.

Contohnya adalah Diva, mahasiswa asal Kabupaten Tangerang yang sedang kuliah di salah satu universitas di Jawa Tengah. Diva pulang ke rumahnya di Tangerang setelah kampusnya mengadakan kuliah daring. Dirinya mengaku kini sibuk melakukan banyak hal di rumah bersama keluarga.

“Semenjak di rumah jadi bikin ini itu. Kakekku bikin kandang ayam sama bercocok tanam,” tuturnya melalui aplikasi pesan singkat (13/4).

Diva mengungkapkan kalau dirinya bersama keluarga besarnya selalu berkebun bersama di samping rumah setiap hari Sabtu. Bahkan Diva setiap hari sejak 28 Maret 2020, sehari setelah dirinya pulang, membantu kakeknya membuat kandang ayam.

“Kalau aku tiap hari bikin kandang ayam sama kakek. Kekar badan saya bro,” tambahnya.

Kegiatan berkebun yang dilakukan oleh keluarga Diva sebenarnya sudah dilakukan sejak setahun yang lalu. Namun, semenjak masa karantina karena ada pandemi corona, dirinya mengungkapkan keluarganya jadi punya banyak waktu luang di rumah. Bahkan terkadang Diva juga bermain Tiktok bersama keluarganya.

Menanam kembali sisa sayuran yang dikonsumsi bisa mengisi waktu luangmu! (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)
Menanam kembali sisa sayuran yang dikonsumsi bisa mengisi waktu luangmu! (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

“Kadang Tiktok-an sekali dua kali sama keluarga,” ungkapnya lagi.

Kegiatan produktif lainnya juga dilakukan oleh Venda, mahasiswa asal Temanggung yang kuliah di Kota Semarang. Gadis yang hobi memasak itu kini lebih banyak menghabiskan waktu di dapur rumah semenjak corona. Alasannya karena banyak waktu luang yang dimilikinya.

“Emang suka masak, tapi biasanya kalau lagi kosong aja. Tapi semenjak pandemi ini hampir tiap hari aku mainan di dapur, Entah bikin apa pun itu cuma rebus air atau rebus sawi-sawian doang,” ungkapnya dalam keterangan tertulis (12/4).

Venda mendapatkan inspirasi masakan dari Instagramnya. Dirinya mengaku mudah terpengaruh ketika melihat makanan di lini masa, Instastory, dan Explore Instagramnya. Venda biasanya melihat resep masakan dari situs Cookpad dan Youtube.

“Biasanya ada orang unggah foto makanan atau lewat di lini masa gitu walaupun cuma bentuk kata to abis itu aku pengen bikin gituan (makanan). Mudah terpengaruh sekali saya,” tambahnya.

Kegiatan produktif selama di rumah juga dilakukan oleh Mita yang juga berasal dari Temanggung. Banyaknya waktu luang yang dimilikinya di rumah membuatnya bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang dia sukai di rumah.

“Jadi lebih banyak waktu buat segala macem hal yang sebelumnya memang udah aku suka berkegiatan dirumah, masak, bersih-bersih, baca buku. Tapi waktu istirahatnya juga nambah, tutur Mita melalui aplikasi pesan singkat (12/4).

Kalau kamu gimana nih cara menanggapi waktu luang yang banyak selama karantina? Produktif atau malah rebahan? He. (Julia Dewi Krismayani/E05)